Resensi Buku Dari Benih Ke Pohon Cedar

Resensi Buku Dari Benih Ke Pohon Cedar

Pohon Cedar merupakan tumbuhan asli Libanon yang hidup di tanah gersang. Pohon ini menampilkan keindahan dan memberikan keteduhan. Pohon Cedar juga bisa berumur panjang dan menghadirkan manfaat pada setiap unsurnya.

Begitulah orang tua berharap kepada anaknya. Siapapun anda pasti mengharapkan dapat memiliki keturunan yang tak sekadar berumur panjang. Namun bermanfaat dan berguna bagi dirinya, orang tua dan lingkungannya. Bukan sekadar sampai di dunia tetapi hingga akhirat kelak.

Benih menjadi awal dari semua. Ketika kita memilih pasangan, melakukan pernikahan, hingga membina keluarga dan memilih pendidikan bagi anak kita. Benih yang kita tanam itu jangan sampai menjadi pohon Zaqqum yang beracun, namun bisa menjadi pohon besar, berguna dan bermanfaat.

Buku panduan bagi pasangan Muslim untuk mendidik keluarga yang kaya akan berkah ini ditulis oleh M Fethullah Gulen, seorang ulama senior asal Turki. Bagi Gulen, kita adalah hasil dari apa yang telah ditanam para pendahulu. Sementara generasi sesudah kita kelak adalah jerih payah kita saat ini.

Pada bab-bab awal, Fethullah Gulen menjelaskan tentang apa itu pernikahan dan tujuannya. Menurut dia, keluarga bukanlah sebuah pabrik untuk memproduksi anak. Keluarga adalah bagian terpenting dari masyarakat dan benih pertama sebuah bangsa, demikian yang diajarkan agama.

Tujuan utama pernikahan haruslah untuk memberikan generasi mendatang yang akan mendapatkan ridha Allah SWT dan menyenangkan hati Rasulullah SAW. Setelah itu, masuk ke dalam bab tentang keluarga. Tugas ayah sebagai kepala keluarga dan tanggung jawab orang tua untuk mendidik anak-anaknya ikut menjadi pembahasan dalam buku ini.

Kemudian, Fetullah Gulen menjelaskan tentang tugas seorang perempuan yang berperan sebagai ibu. Satu yang menjadi titik perhatian dari Gulen yakni dia tidak memberikan suapan makanan yang haram bagi anak-anaknya. Di samping tentunya mendorong anak memiliki rasa syukur dan cinta kepada Allah hingga berinteraksi dengan penuh kasih sayang.

Bab-bab lainnya, Gulen menghadirkan tentang pentingnya pendidikan agama bagi anak. Disini, Gulen menekankan kepada aspek pembiasaan kepada anak seperti membiasakan anak untuk akrab dengan masjid sejak dini. Gulen pun menjelaskan bagaimana menghadirkan orang tua yang berkualitas sehingga menjadi teladan bagi anak-anaknya.

Editor: A Syalaby Ichsan, Harian Republika

Resensi Komik Iqomic For Kids: Dakwah ala Komikus

Mei 5, 2020

Novel Inspiratif Republika Penerbit

Mei 5, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *