Tentang Kami

SEJARAH

Republika Penerbit lahir di 2002, dimulai dari sebuah divisi penerbitan buku surat kabar ternama Harian Republika, lalu menjadi perusahaan penerbitan di Juni 2013 dengan nama PT Pustaka Abdi Bangsa dan Republika Penerbit sebagai nama brand-nya. Pada 2011 hadir brand Mahaka Publishing sebagai imprint pertama Republika Penerbit untuk buku-buku umum. Setahun kemudian hadir dua imprint baru; Republika Digital Publishing untuk buku digital dan Buku Republika untuk buku kerja sama. Pada 2016 lahir imprint untuk buku anak, Alif Republika, setahun kemudian hadir Rekomika, imprint untuk buku komik.

KELEMBAGAAN

Secara kelembagaan, Republika Penerbit merupakan salah satu unit usaha yang tergabung dalam Republika Grup. Sister company kami antara lain Republika (koran), Republika Online [ROL] (portal berita), dan Republika Digital. Pada saat yang sama Republika Grup sendiri merupakan bagian dari grup usaha Mahaka Media di antaranya meliputi unit usaha Gen FM dan Jak FM (radio), JakTV(televisi), Mahaka Advertising (advertising), Raja Karcis (ticketing), dll.

BUKU DAN PENULIS

Buku Panduan Puasa karya Cendekiawan Muslim Indonesia terkemuka, Prof. Dr. Quraish Shihab, menjadi buku pertama kami. Lalu, terbitlah karya-karya luar biasa lainnya, seperti Ayat-Ayat Cinta, karya novelis no. Indonesia, Habiburrahman El Shirazy. Sebuah novel Mega Best Seller (terjual lebih dari 800 ribu eksemplar).

Lalu, lahirlah buku-buku beragam genre mulai dari Islam Populer, Islam Referensial, Novel, Memoar, How to, Cerita Anak, Picture Book, dll.

Selain kedua penulis di atas, kami juga bekerja sama dengan penulis-penulis hebat Indonesia seperti: Tere Liye, Asma Nadia, Hanum Rais, Fahd Pahdepie, Helvy Tiana Rosa, Aguk Irawan, Pipiet Senja, Afifah Afra, Buya Hamka, Taufiq Ismail, A. Makmur Makka, Erie Sudewo, Raden Ridwan Hasan Saputra, Ali Akbar, Aprilia Kartika, KH Adrian Mafatihillah Kariem, Ustadz Saeful Falah, Ustadz Masyhuril Khamis, Wikan Sulastri dan lainnya.

BUKU DAN FILM

Novel Ayat-Ayat Cinta diadaptasi ke film pada 2008 dan menjadi box office. Pada 2019, novel Ketika Cinta Bertasbih juga diangkat ke layar lebar. Setahun kemudian film Ketika Cinta Bertasbih 2 hadir di bioskop Indonesia. Pada 2010, novel Ketika Cinta Bertasbih diadaptasi ke layar kaca. Setahun kemudian, novel Hafalan Shalat Delisa diadaptasi ke film. Pada 2012 novel Serial Anak Mamak diadaptasi ke layar kaca. Di tahun yang sama, novel Bidadari-Bidadari Surga yang diadaptasi ke layar lebar. Lalu menyusul di 2013 novel Moga Bunda Disayang Allah. Pada 2017, novel Ayat-Ayat Cinta 2 diadaptasi ke film.

PENJUALAN RIGHTS

Ada 12 buku kami yang dibeli rights-nya oleh penerbit Malaysia, yaitu: Ayat-Ayat Cinta, Ayah…, Tasawuf Modern, Falsafah Hidup, Lembaga Hidup, Lembaga Budi, Ketika Cinta Bertasbih 1, Ketika Cinta Bertasbih 2, Hafalan Shalat Delisa, Situs-Situs Al-Qur’an 1, Situs-Situs Al-Qur’an 2, dan 4 Your Ladies. Ada 1 buku yang dibeli penerbit Turki, yaitu: Ayat-Ayat Cinta.