PULANG (2018)

Promo Spesial!
(25 customer reviews)

Rp60,000.00


Back Cover

“Sebuah kisah karya penulis negeri sendiri, dengan latar kisah negeri sendiri yang layak dinikmati,” Tribun Jabar.

Kota Asal Pengiriman : Kota Jakarta Selatan

Out of stock

SKU: 978-602-0822-12-9 Category:

Description

Julukannya adalah Si Babi Hutan. Teman-temannya memanggilnya Bujang. Tidak ada yang tahu nama aslinya, kecuali orangtuanya. Dia dibesarkan di Keluarga Tong, salah satu “keluarga” paling sukses dalam shadow economy di Indonesia. Saat bergabung usianya baru 15 tahun. Secara langsung diminta dan diangkat menjadi bagian dari keluarga Tong, kemudian dilatih menjadi algojo nomor satu. Dia kuat, cepat, tajam, dan cerdas. Dia tidak pernah mundur. Dia tidak punya rasa takut.

Meskipun ia selalu terlibat dalam bisnis Keluarga yang cenderung kotor, ia tidak pernah melupakan apa yang dinasihatkan ibunya, “Jangan makan daging babi, minum alkohol, makan makanan haram.” Nasihat itu dijaganya, dan dengannya pula ia bisa mengobati kerinduannya.

Book Details

Weight 500 g
Dimensions 13.5 × 20.5 cm
Halaman

406

Tahun Terbit

2018

Reviews

25 reviews for PULANG (2018)

  1. Farikhahtin

    Perjalanan pulang yang mengesankan. Banyak pertarungan, perjalanan suka hingga duka yang membuatku berdebar membacanya. Membuka pandangan baru. Tak perlu dipaksa. Terima, peluk dan maknai semua sakit dan benci. Benarkah benci yang benar-benar kita rasakan? Atau adakah makna lain yang kita sendiri tak ingin akui? Pulang adalah novel sekaligus kegiatan yang tak pernah bosan tu ku lakukan.

  2. Lutfi Maharani

    Bagi saya novel Pulang adalah novel favorit dan terbaik. Dari segi fisik, saya tertarik dengan covernya yang softly tetapi dengan judul yang timbul, begitu juga dengan kertas orisinilnya karena saya menyukai hal klasik. Dari segi karya dan isi cerita, tidak bisa saya ragukan lagi. Tere Liye mampu mengutak-atik perasaan pembaca melalui pemilihan diksinya. Cerita yang sajikan memiliki daya tarik tersendiri. Bagaimana riset dan imaji yang mendalam Tere Liye mengenai Shadow Economy. Bujang menjadi tokoh favorit saya. Tere Liye mampu menghidupkan sosok dalam novel Pulang seperti dalam dunia nyata. Bahkan, kisah action yang ditunjukkan seakan hidup. Dimulai dari cerita julukan Si Babi Hutan, Shadow Economy, Keluarga Tong, Tauke Besar, Keluarga Lim, Pengkhianatan Basyir, Yuki dan Kiko, Guru Bushi, White, Salonga, dan kisah perjalanan pulang dari tokoh Bujang begitu realistis. Relasi penulis dan karya begitu nyata. Ekspresi yang disampaikan penulis kepada pembaca tersampaikan secara sempurna. Dari segi penulis dan penerbit, Tere Liye adalah penulis terkenal di Indonesia yang menyajikan kisah inspiratif dalam bentuk fiksi menarik, ditunjang lagi dengan Penerbit Republika yang menyempurnakan karyanya. Sangat recomended untuk pembaca yang menyukai genre action dalam novell😊😊

  3. Qonitin Abdillah

    Novel ini adalah novel karya Tere Liye yang pertama kali saya baca dan benar-benar keren. Menceritakan tentang seorang anak yang kerap dipanggil Bujang, berasal dari pedalaman hutan Sumatra dan dibesarkan di Keluarga Tong, keluarga paling sukses dalam shadow economy di Indonesia.Bujang, seorang anak yang tidak memiliki semili rasa takut.Inilah yang membuat cerita semakin apik. Alur di dalamnya benar-benar mendebarkan.Di kehidupan yang kotor, Bujang tidak pernah melupakan pesan ibunya. Ia tetap menuruti nasihat ibunya. “Jangan makan daging babi, minum alkohol dam makan makanan haram”

  4. Erwinaputri

    novel yang buat aku tau arti sebuah kata “pulang”. Walaupun perjalanan pulang yang melelahkan dan bahkan banyak sekali rintang seperti perkelahian, pertarungan, bahkan nyawan. Tapi didalam itu banyak dikisahkan kesedihan yg banyak menyiratkan pesan. Pertama kali baca novel ini langsung berasa ikut masuk keceritanya, imajinasiku langsung bertebaran dimana², asli seru banget. Dan buku novel ini pas banget sama aku. Novel yg bisa membawa dunia imajinasiku berkembang, imajinasi yg positif dan penuh banget sama petualangan yang seru dan menantang. Aku bener² hanyut sama ceritanya. Temen² ku banyak yang gak paham sama novel ini tapi aku malah menemukan duniaku, dunia imajinasi. Jadi novel ini bagus banget buat yg suka petualangan sama imajinasi

  5. Rahmawati Simanullang

    Novel Pulang ini merupakan novel yang sangat menakjubkan. Dengan alur ceritanya yang maju mundur, membuat pembaca penasaran akan kelanjutan ceritanya. Si Bujang, karakter utama di novel ini, tampil sebagai anak dari Midah dan Samad yang harus mengasingkan diri di Talang di Lereng Bukit Barisan. Se telah ia melawan seekor babi raksasa di hutan untuk menyelamatkan Tauke, rasa takut telah dikeluarkan dari dadanya. Bujang pun di juluki Si Babi Hutan dan dibawa pergi ke ibu kota, disana ia bergabung dengan Shadow Economy (ekonomi yang berjalan di ruang hitam, di bawah meja) sebagai bagian dari keluarga Tong. Disana Bujang disekolah kan di Universitas ternama, dilatih menjadi penembak jitu oleh Kopong, menjadi ninja oleh Guru Bushi namun belum menjadi samurai sejati, dan menjadi seorang tukang pukul. Namun, disaat kesuksesannya, mamak nya meninggal, bapak nya meninggal, suara adzan selalu mengingatkan Bujang atas kematian mamak dan bapaknya, serta ada pengkhianatan oleh Basyir yang mencoba membunuh Tauke. Dalam keadaan terdesak, Bujang dan temannya, Parwez diselamatkan oleh Tuan Imam yang menjadi guru di dekolah santri. Namun sayang, Tauke meninggal. Agam, begitu Tuan Imam memanggil Bujang, itu nama asli Bujang. Kau harus memeluk erat semua kebencianmu, berdamailah. Lalu Bujang mulai membentuk pasukan, ia sadar, bahwa ia adalah pemimpin keluarga Tong selanjutnya, bukannya Basyir. Ia mengajak Yuki dan Kiko (cucu guru Bushi), Salonga, White, Togar serta pasukan mereka untuk membantu melawan Basyir. Disaat bertarung melawan Basyir, Bujang menjadi Samurai Sejati, tahap dimana ia sudah pulang, ke hakikat kehidupan. Ia teringat kata kata terakhir Guru Bushi, “Sejatinya dalam hidup ini, kita tidak perlu mengalahkan siapa pun. Mengalahkan diri sendiri, pertanyaan, keraguan, ambisi, rasa takut, itulah yang harus dikalahkan”. Bujang menang melawan Basyir, Basyir bukanlah tandingannya. Bujang menjadi pemimpin selanjutnya keluarga Tong. Ia berkunjung ke makam mamak dan bapaknya di Talang. Mak, Bujang pulang, tak hanya bersimpuh di pusaramu, tapi juga pulang kepada panggilan Tuhan. Lalu Bujang bergegas, ada urusan yang harus ia selesaikan dengan Master Dragon di Hongkong.

  6. Hanifan

    Novel ini benar-benar keren.
    Kisah action di dalamnya mendebarkan,
    saya sendiri merasakan ngeri tapi,
    inilah yang membuatnya semakin seru.
    Menceritakan seorang anak yang kerap disapa “Bujang” , seorang anak yang tidak mempunyai semili pun rasa takut. Di awal cerita ia sudah menyatakan bahwa dirinya hanyalah memiliki 4 emosi sedangkan manusia lain memiliki 5, ya dia memang tidak memiliki rasa takut. Dari perjalanan awal dimana ia berhasil mengalahkan babi hutan yang ganas hingga pulang, pulang ke pusara ibu.
    Walau hidup di tengah situasi yang kotor, ia tidak pernah melupakan pesan ibunya. Jadilah, Bujang seorang pemuda yang tumbuh menjadi kuat, tajam, dan cepat di tengah Keluarga Tong.
    Buku ini benar-benar saya rekomendasikan buat kalian yang suka kisah action. Selamat membaca !

  7. Kang Asep

    Novel ini keren Banget
    Seolah-olah cerita di dalam Novel tersebut terjadi saat ini di dunia nyata jadi kaya ngebayangin dunia Shadow economy apakah ada?

    Sedikit ulasan dan ceritanya biar penasaran untuk baca lengkap

    Berawal dari Pengenalan Tokoh Utama, dengan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama… Bujang.. Seorang anak yang terlahir dari keluarga biasa yang hidup di Pedalaman Rimba Pulau Sumatera.. Bersama Bapak yang bernama Samad dan Ibunya yang bernama Midah..
    Alur Ceritanya mundur maju.. apa yang dijalani pelaku utama saat ini, ia ceritakan kembali awal mulanya hingga ia menjadi seperti sekarang.. dikisahkan dalam novel tersebut bujang yang masih berusia 15 tahun hingga 20 tahun kedepan dalam perjalanan hidupnya.

    Sifat yang dimiliki anak ini memang berbeda dari manusia kebanyakan yang mempunyai 5 emosi : bahagia, sedih, takut, jijik dan kemarahan.. namun anak ini tidak memiliki rasa takut

    Saat usia 15 tahun, Bujang berhasil bertarung dan mengalahkan Babi Hutan yang sangat besar dalam perburuannya bersama dengan Tauke Besar dan kawan-kawannya.. Dikisahkan bahwa Bujang ini mewarisi sifat yang dimiliki ayahnya dulu yang pemberani, yaitu seorang tukang pukul.. karena keberaniannya itu, bujang dijuluki dengan “Si Babi Hutan”

    Dalam hal istilah dan pengetahuan saya sangat suka dengan cerita yang disampaikan oleh Tere Liye, karena secara tidak langsung memberikan pengetahuan dan pandangan yang luas bagi kita yang membaca.. dan melewati part ini kita akan dibuat seru deh.. makin terbayang apa yang dijalani oleh Tauke Besar dan akan dibawa kemana organisasinya itu setelah adanya Bujang..

    Dalam perjalanan hidupnya, Bujang semakin berkembang.. Pedalaman Rimba Sumatera hampir ia lupakan, karena setiap hari ia terus berlatih menjadi tukang pukul, dan tentunya melanjutkan pendidikan. Di sela-sela masa liburannya, Tauke Besar memberikannya seorang Guru lagi.. Guru Bushi. Ia yang mengajari ilmu Ninja pada Bujang selama setahun saat di Kota Provinsi.. dan Bujang sempat dikirim ke Jepang untuck berilmu ke Guru Bushi karena beliau menetap di Jepang.. Ilmu Shuriken dengan bentuk Bintang Ninja berhasil dikuasai Bujang untuk membasmi lawan..

    Banyak misi yang diberikan kepada Bujang, ke Hongkong, Makau, dan beberapa Negara yang menjadi saingan perebutan kekuasaan, seperti itulah dunia shadow economy, disatu sisi saling mendukung siapa yang berkuasa, namun disisi lain bila ada celah, maka antar kelompok akan saling memperebutkan meskipun dengan cara kekerasan.

    Begitulah seterusnya, hingga ia dewasa menjadi orang kepercayaan Tauke Besar.. di akhir-akhir masa hidupnya Tauke Besar, Bujang mulai diamanahi untuk menjadi pimpinan generasi penerus dengan memberikan julukan Tauke Muda, namun Bujang menolaknya, karena menurutnya ia tidak pantas.. Tauke tetap kekeh memberi kepercayaan itu kepada Bujang yang tumbuh dengan kejeniusan dan kekuatannya..

    Namun masuk klimaks dalam cerita ini mulai menegangkan, bagian Pengkhianatan
    Ini adalah bagian yang lumayan seru bagi saya, disini kita akan mengambil pelajaran bagaimana seseorang dapat berubah dalam sekejap..

    Dari novel tersebut, ada beberapa point yang bisa kita ambil :
    a. Potensi apapun bila kita dapat mengembangkan potensi tersebut maka akan ada jalan untuk mencapainya, tentunya dibarengi dengan usaha
    b. Jujur dan bertanggungjawab adalah salah satu sifat yang baik yang dengannya, orang lain akan menilai kita dengan baik sehingga kita dapat diberi kepercayaan
    c. Amanah juga sangat perlu kita tanamkan agar kita tidak mengecewakan orang yang memberi kepercayaan kepada kita..

  8. kryukii

    Novel Pulang.
    Lengkap sudah ketika saya memiliki dua judul dari serial pulang pergi ini.

    Cerita yang sangat menggunggah imajinasi pembaca untuk menuangkan gambaran2 setting di dalam novel. Seolah pembaca menjadi Si Babi Hutan yang penuh kejutan. Awal cerita dihadapkan dengan kengerian dan ketegangan melawan babi hutan, yang kemudian menuju cerita fiktif seolah terjadi di dunia nyata.

    Satu kata untuk dua novel ini (read:Pulang & Pergi); “Delicioso!”

  9. Alya nida t

    Buku “pulang” karya tere liye ini kisah actionnya benar benar terasa, seperti kita yang merasakan nya sendiri. Cerita yang menarik dan susah ditebak,berisi tentang apa makna kehidupan yang sebenarnya,apa tujuan hidup. Buku ini tidak hanya bercerita seputar action,tetapi ada romance bahkan komedi. Tentang pengkhianatan pun juga ada didalam buku ini,membuat bertambah penasaran untuk membaca nya hingga selesai. Selain itu buku ini juga membuat saya mengerti apa itu shadow economy. Benar benar buku yang sukses membuat saya penasaran

  10. Salsabila

    Buku Pulang karya tere liye ini adalah buku yang sangat terbaik d ari banyaknya buku yang saya baca. Buku terbitan “Buku Republika” ini banyak memberikan makna tentang hidup. Dimana buku yang menceritakan seorang Agam orang yang awalny tinggal ditempat terpencil kini telah mengetahui banyaknya dunia luar. Tapi sejauh apapun ia melangkah, ia selalu ingat untuk pulang ke tempat asalnya. Buku yang menjelaskan sejauh apa pun melangkah tetaplah harus ingat tempat asalnya dan buku ini banyak sekali memberikan saya pengajaran.

  11. fadhilarasati

    “Sebuah kisah tentang perjalanan pulang, melalui berbagai pertarungan demi pertarungan, kesedihan demi kesedihan, untuk memeluk semua kebencian dan rasa sakit” begitulah sinopsisnya. Buku karya Tere Liye bergenre action yang memiliki judul Pulang ini mampu mengaduk imajinasi dan emosi saya.

    Menceritakan seorang anak yang tak memiliki rasa takut, yang kerap dipanggil ‘Bujang’. Ia tinggal di Talang, di Lereng Bukit Barisan. Kemudian Bujang dibawa oleh Tauke ke ibukota dan bergabung dengan keluarga Tong, keluarga yang memiliki bisnis Shadow Economy. Dimulailah petualangan Bujang di lingkaran bisnis Shadow Economy yang penuh intrik dan tantangan.

    Melalui buku ini, Tere Liye sukses menghidupkan suasana dalam cerita. Perpaduan antara imajinasi dan risetnya benar-benar membuat kisah ini seperti terjadi di dunia nyata. Meskipun terbilang cukup tebal, tetapi buku ini sangat fantastis. Covernya simpel dengan proporsi yang sangat tepat. Ditambah lagi, cerita yang disajikan sangat menakjubkan. Banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah ini.
    Aku Rekomendasikan banget!

  12. nurbaitiputrisamawa1998

    Penulis terfavorit, baca sinopsisnya saja udh bikin mata berkaca2, tak perlu kisah romansa untuk membuat org menyukai seluruh karya, tak perlu kata berbelit2 untuk membuat org menyukai karyanya. Novel tere liye ni adalah salah satu novel yg bisa bikin saya mau membaca bukunya berulang2 tanpa ada rasa bosan, dan setiap buku nya pasti rata2 menguras air mata walaupun sedikit👌🤧

  13. Nanda

    Hampir semua buku Tere Liye are worth to read, dan Pulang ini adalah salah satunya. Paduan action, misteri, juga adegan berisi nasihat hidup, dirangkai dengan cerdas dan apik. Setiap lembarnya membuat Saya ingin terus membaliknya, namun tak ingin sampai di penghujung. Pulang mengajarkanmu cara untuk lebih tajam menilai orang lain, serta mengenai hal-hal penting dalam menjalani kehidupan.

  14. kurniarizqia12

    Novel Pulang karya Tere Liye merupakan salah satu novel favorit saya. Ada kesan tersendiri kalau mengingat novel ini. Ketika pertama kali saya menemukan novel ini di atas tumpukan buku buku di perpustakaan, saya tertarik untuk meminjamnya. Walaupun novel ini di perpustakaan saya sudah agak sobek, mungkin karena sudah dibawa tangan satu ke tangan lainnya dan pasti banyak yang sudah membaca novel tersebut. Tapi, covernya yang menarik dan kertasnya yang khas membuat saya terpikat untuk membaca novel ini. Kisah di dalamnya benar benar seru, membuat saya hanyut dalam cerita. Ingin sekali memiliki novel ini dan semua serinya.

    Terima kasih Tere Liye, telah menulis kisah kisah menarik, inspiratif, dan penuh motivasi. Terima kasih juga Republika, telah menerbitkan buku buku bagus dan berkualitas.

  15. Ikhma Dewi

    PULANG,ya… sebuah kisah tentang perjalanan pulang,melewati berbagai pertarungan demi pertarungan,memeluk erat luka dan rindu.
    Si Bujang,anak usia 15 tahun yang penuh dengan keberanian,dia berbeda dengan anak seusianya,dia tidaklah mengenal rasa takut.
    Dia tidak mengenal rasa takut setelah seseorang hadir di Desanya,yaitu Tauke,dan dari nya lah Bujang mengenal dunia luar di Ibu kota.
    Pulang,kita dapat mengartikannya sebagai kembalinya kita setelah kita merasa lelah.
    Terima Kasih…

  16. Latifatul Zahroh

    novel pulang karya tere liye ini salah satu novel favoritku,ga pernah bosen ngulang baca,setiap baca novel ini selalu hanyut sama kisahnya,meskipun cerita fiktif tapi serasa emng bner² ikut didalam ceritanya,apa lagi part sedihnya selalu menyentuh pembaca,tere liye selalu sukses membuat para pembaca penasaran sama kelanjutan ceritanya,

  17. ciplukfithry

    Membaca “Pulang”, kita akan diajak Bang Tere berpetualang ber sama Si Babi Hutan. Adrenalin kita akan terus terpacu dengan perkelahian yg silih berganti, musuh-musuh bergantian, membuat dada semakin berdebar.
    Kita akan terus dibuat penasaran dan ingin terus membacanya hingga tuntas.
    Tapi, jangan salah seperti yg sudah2 karya Tere Liye selalu ada sukses membuat hati ini terenyuh hingga mata ini menitikkan air mata.
    Keterlibatan dg mafia besar hingga titik hidupnya menuju pintu pertaubatan pada sebuah pesantren.
    Recomended sekali buku ini, karya2 Bang Tere selalu Recomended pokoknya, Republika 👍👍👍

  18. reunihandayani

    Novel ini bertemakan keluarga, yang menceritakan seorang anak laki laki, Bujang namanya. Aku salut banget dengan Bujang, walaupun ia masih kecil, ia sangat berani melawan babi hutan. Hal inilah yang membuat kehidupan Bujang berubah. Dengan tekad yang kuat, ia mampu menjadi sukses. Hmmm.. namun ada kalimat kayak gini, sungguh, sejauh apa pun kehidupan menyesatkan, segelap apapun hitamnya jalan yang kutemppuh, Tuhan selalu memanggil kami untuk pulang.

  19. Nurhamida Lestari

    Semua Novel Tere Liye itu bagus-bagus dan setiap bukunya punya cerita yang berbeda dan ciri khas masing-masing dan membuat pembacanya seperti seperti nyata dan bagaikan sedang menjelajahi cerita tersebut. Aku punya 3 novel Tere Liye yaitu : Pulang, Hujan, dan Rindu. Yang aku pinjam dengan temanku yaitu : Bumi, Bulan, Matahari, Daun yang jatuh tak pernah membenci angin, Pergi, Si anak Kuat dan Negeri para Bedebah. Walaupun penulis Tere Liye sangat tertutup tapi karyanya sangat terkenal. Nah novel Pulang ini novel Tere Liye yang pertama aku beli. Aku beli karena membaca sinopsip pada novel ini “Sebuah kisah tentang perjalanan pulang, melalui pertarungan demi pertarungan, kesedihan demi kesedihan, untuk memeluk erat semua kebencian dan sakit. Pulang” karena itu aku tertarik untuk membelinya. Novel ini menceritakan tentang seorang anak yang berusia 15 tahun yang bernama Agam tapi di panggil Bujang, yang tidak memiliki rasa takut. Cerita dalam novel itu sulit ditebak setiap babnya selalu penuh dengan kejutan-kejutan yang tak terduga, karena itu aku sangat kagum dengan penulisnya.

  20. barrisania

    Tidak pernah tidak suka membaca novel-novel karya Tere Liye baik di zaman aku masih awal remaja sampai sudah dewasa. Sudah hampir semua novel karyanya aku baca, dan semua memberi banyak pengetahuan dan pengalaman. Novel pulang, sejak pada halaman awal pwmbaca disuguhkan imajinasi tentang betapa rimbun wilayah Sumatera, betapa keras didikan keagamaan orang tua kepada anak, betapa mudah orang tua melepas anaknya ke medan pertarungan, yang semuanya akan kembali lagi kepada Bujang itu sendiri. Bujang kecil sudah dihadapkan dengan perlawanan demi perlawanan bak ikut bertempur di perang Badar. Disini aku juga dapat ilmu tentang perekonomian, tentang dunia, tentang siasat-siasat dan bagaimana seseorang berkamuflase dalam kehidupan. Ternyata banyak hal yang belum aku tahu tentang apa yang terjadi di dunia ini. Terutama di balik jubah hitamnya menyimpan sebuah rahasia besar tentang dunia yang sesungguhnya. Pulang hingga Pergi, bahkan Negeri di Ujung Tanduk dan Negeri Para Bedebah menyajikan banyak ilmu yang harus kita miliki untuk bekal menghadapi dunia yang mungkin akan lebih berbahaya nantinya. Buat kalian semua, aku sangat merekomendasikan buku ini untuk bacaan kalian selama PPKM ini.

  21. icaraisya11

    Novel favorite karya tereliye. Judulnya pulang. Tapi isinya bukan hanya perjalanan pulang, melainkan proses menuju kehidupan dunia luar. Cerita bujang menjadi si babi hutan. Cerita si babi hutan menjadi seseorang yang berpendidikan tinggi. Cerita si babi hutan yang berjuang dengan pengkhianatan, kematian, dan darah. Novel ini penuh dengan action. Tragedi. Dengan latar belakang lingkungan shadow economi yang penuh misteri. Bujang si babi hutan yang mencari arti pulang.
    **Jangan sesekali baca novel ini ditengah keramaian. Bahaya!!! Mengandung bawang.**

  22. septriyani25

    Kayanya kebanyakan udah pada tau kalau novel Pulang ini jadi salah satu novel genre action by Tere Liye yang paling favorit ya. Serius deh, pas baca novel ini berasa banget masuk ke dalam ceritanya. Seolah-olah kita beneran ada di sana. Inilah yang jadi ciri khas novel-novel Tere Liye jadi best seller.

    Jalan ceritanya gak ngebosenin. Ada banyak kejutan-kejutan yang membuat novel ini semakin menarik. Bahkan buat orang-orang yang sebelumnya ga pernah baca novel Tere Liye, kalau disuguhin novel ini pasti bakal suka sih. Hehe.

    Walaupun genre-nya action, di novel ini juga ada membahas tentang keluarga, tentang kekuasaan, tentang kehidupan. Tere Liye mampu membuat novel ini menyentuh hati pembacanya. Aku rekomendasiin banget sih novel ini 🙂

  23. Titen Bestari

    Novel pertama yang ku baca,kayanya lebih banyak nangis pas baca buku ini.
    Sering dengar kata ‘tere liye’ dimana-mana,sampai satu saat nemu buku ini,dan beli.
    Ternyata memang sebagus itu🥲
    Memang novel action, tapi juga banyak pelajaran,salah satunya adalah siapapun bisa berkhianat sama kita,bahkan orang terdekat sekalipun.Sempat berkhayal punya pisau bentuk kartu juga 🌚canggih soalnya hahaha.
    Jalan ceritanya buat aku ngerasa kalau aku benar-benar lihat keadaan yang diceritakan,ngerasain suasana disana,lucunya,sedihnya,takutnya, deg-degannya,dan ikut seneng pas bujang diizinin ngelawan babi hutan dan buktiin kalau bujang bisa dan gak ada rasa takut❤️❤️

  24. Lana Z. Fitrohti

    Salah satu novel dalam serial aksi karya Tere Liye yang satu ini memiliki cerita yang sangat seru, menegangkan, dan tidak tertebak. Mengisahkan perjalan hidup seorang anak kampung di pedalaman Sumatera, yang gemar bermain di talang tadah hujan. Orang-orang memanggilnya Bujang, namun nama aslinya, hanya orang tua sang anak yang tau. Saat menginjak remaja, Bujang dibawa pergi oleh keluarga Tong, dan disinilah kehidupannya berubah drastis.

    Novel ini sukses membuat naik turun adrenalin pembacanya. Adegan-adegan menarik dan berbahaya yang di sajikan amat detail, membuat para pembaca berpikir kehidupan yang seperti itu benar-benar nyata.

    Dan salah satu yang menarik dari setiap novel karya Tere Liye adalah nasihat serta pesan-pesan kehidupan yang begitu mengena. Jadi selain alur yang menarik untuk dibaca, kita juga bisa mendapat banyak pelajaran berharga.

  25. Putri Naomi

    Bujang, si Babi Hutan, anak cerdas, tak mengenal rasa takut. Masa kecilnya menyedihkan, hidup di pedalaman Sumatra, dengan ayah yang suka memarahinya, terutama jika dia ketahuan sedang beribadah atau belajar agama.

    Namun, pada akhirnya Bujang dapat memaafkan segalanya. Memaafkan ayahnya, dan pulang untuk berziarah ke makam orangtuanya. Terutama mengungkapkan rindu pada ibu yang amat di cintainya. Kemudian menentukan jalan hidup berikutnya.

    Novel ini amat baik, karena tak sekadar novel tapi juga memberikan pelajaran berharga bagi para pembacanya. Pesan-pesan moralnya juga tak pernah ketinggalan. Bang Tere memang penulis novel favorit saya yang terbaik.

Add a review

Your email address will not be published.