TENTANG KAMU (2018)

Obral!
()

Rp85,000.00 Rp68,000.00


Back Cover
Kota Asal Pengiriman : Kota Jakarta Selatan
SKU: 978-602-0822-34-1 Kategori:

Description

Atas dasar pekerjaan, Zaman Zulkarnaen harus menelusuri hidup seorang kliennya, perempuan pemegang paspor Inggris yang barusan meninggal dan mewariskan harta yang jumlahnya bisa menyaingi kekayaan ratu Inggris. Tiga negara, lima kota, beribu luka. Hingga akhhirnya Zaman mengerti bahwa ini bukan sekadar perkara mengerti jalan hidup seorang klien, melainkan pengejawantahan prinsip kuat di tengah cobaan yang terus mendera.
Tentang Kamu tak hanya akan membawa pembacanya menyelami sebuah petualangan yang seru dan sarat emosi, tapi juga memberikan nilai positif sehingga membuat hidup serasa lebih patut disyukuri.

Book Details

Weight 500 g
Dimensions 13.5 × 20.5 cm
Halaman

528

Tahun Terbit

2018

Author

Tere Liye

Reviews

23 reviews for TENTANG KAMU (2018)

  1. Muhammad Faruq Alghifari

    Lagi-lagi Tere Liye mempersembahkan cerita fiksi yang spektakuler! Novel Tentang Kamu ini membuat aku dan juga (pasti) pembaca lain berdecak kagum. Novel ini sangat inspiratif, bikin mewek, memberi motivasi banget.. First Impression melihat covernya menarik banget, bikin penasaran dan mengira novel ini bergenre romance. But, menurutku lebih bergenre sejarah-fiksi. Ada sesi romance nya namun hanya sedikit.

    Yang unik dari Novel ini adalah penggambaran tokoh dan suasananya yang seperti asli banget. Tokoh-tokohnya diberi karakter yang mirip orang asli gak dilebih-lebihkan, ditambah lokasi-lokasi adegannya yang bikin aku googling.. and ternyata punya view sangat menakjubkan. Kayak di Pulau Bungin, Sumbawa (baru tau dari novel ini, bahwa pulau Bungin ialah pulau terpadat di dunia) atau Belgrave Square, Rute 16 Cricklewood – Victoria, Quay D’orsay dan masih banyak lagii. Pokoknya jadi bertanya-tanya “Ini cerita asli atau fiksi ya?” Bahkan aku berpikir bahwa yang pertama kali membuat gerobak di Indonesia itu Sri Ningsih (tokoh utama) wkwk

    Plotnya memakai gaya plot twist, dan keren banget bang Tere mengutak atiknya. Latar tempatnya di 5 kota, 3 negara dan 2 benua dengan kurun waktu 1940-2016 Masehi. Berkat novel ini, aku jadi bisa membayangkan Indonesia di zaman terror PKI atau kehidupan di Inggris setelah perang dunia begitupun Prancis.

    Novel ini berawal dari kisah Zaman Zulkarnaen (pengacara dari Thompson & co) yang mendapat tugas untuk mengelola harta waris peninggalan Sri Ningsih. Namun, sangat sedikit informasi mengenai keberadaan ahli waris Sri Ningsih, yang ada hanya sebuah buku diary Sri Ningsih. Maka mulailah Zaman menelusuri cerita kehidupan Sri Ningsih yang menakjubkan.

    Pokoknya, menurutku ini Novel terbaik dari Tere LIye. Sebab, Novel ini mengubah sudut pandang hidupku 180 derajat jadi lebih baik. Banyak banget ilmu dan sikap yang perlu diteladani dari sosok Sri Ningsih.

    Terakhir, di Novel aku (cetakan vii, Februari 2017) ada typo di halaman 124. Serta di halaman 96 itu ditulis Sri Rahayu. Mungkin maksudnya Sri Ningsih, atau emang Sri Rahayu?

    Terima Kasih kepada bang Tere yang sudah membuat Novel sekeren ini, juga kepada Penerbit Republika yang sudah menerbitkan novel ini.. Jaya terus Republika.. Jaya terus literasi Indonesia..

  2. Khansa

    Saya sangat suka buku ini. Isinya, hikmahnya banyak sekali yang dapat di ambil. Saya seperti masuk ke dalam kisah sri Ningsih sewaktu kecil hingga berada di panti jompo Paris. Banyak pengalaman hidup yang telah dilalui oleh Sri Ningsih. Pengalaman yang tak terduga. Membuat saya tahu bahwa di dalam hidup itu banyak kejutan yang menghampiri. Sang penulis buku ini juga dapat membuat kita terbawa suasana dengan tulisannya yang mudah dimengerti. Pokonya saya suka sekali buku ini. Yang mengajarkan tak hanya cinta tapi petualangan dan kesabaran serta arti hidup yang sesungguhnya

  3. RIANDI

    Buku ini sangat membekas sekali dimemori ingatan saya, rasa-rasanya gak bakalan lupa. Pokoknya dibikin jatuh cinta. Sama kamu🤭. Eh, sama buku ini maksudnya😆
    °
    °
    📝Mungkin untuk kamu yang baru pertama kali melihat buku ini, saat membaca judulnya pasti yang pertama terbesit dipikiran adalah “ah, paling isinya soal cinta-cintaan, perasaan, jatuh cinta, terus patah hati, drama.” Eits… Jangan misleading karena judul. Biar ada sedikit pencerahan, coba deh, terus baca tulisan ini nyampe beres. Hehe🤣
    °
    °
    📝Isi buku ini fokus mengulas perjuangan hidup, arti sebuah kesabaran, kerja keras, ketulusan, keberanian yang digambarkan pada sosok yang bernama Sri Ningsih anak seorang nelayan yang sejak lahir tidak pernah merasakan kasih sayang dari seorang ibu. Bahkan, melihat langsung pun tidak pernah.😭
    °
    °
    📝Bisa dibilang ini buku biografinya Sri Ningsih, karena amat detail dan fokus menguak sisi kehidupan Sri Ningsih dari mulia dilahirkan sampai ajal menjemputnya. Tentunya dengan gaya tulisan yang menarik dan saya jamin gak bakalan bosen deh bacanya.😍
    °
    °
    📝Oke lanjut…
    Bagian paling sulit dalam kehidupan Sri ialah 6 bulan setelah ayahnya meninggal, ia harus semakin sabar dan kuat untuk terus menjalani kehidupan. Masalah-masalah semakin terus bermunculan silih berganti seperti air sungai yang terus mengalir tanpa henti.
    Walaupun demikian, ia tetap jadi sosok periang, sabar, kuat, pekerja keras, cerdas dan sangat baik.
    Tapi akankah Sri Ningsih tetap tegar? Buruan baca deh, supaya ketemu jawabannya😆
    °
    °
    📝Oh ya, saya hampir lupa, kalau buku ini juga menyelipkan peristiwa-peristiwa sejarah yang mungkin masih sedikit diketahui orang atau sudah diketahui, tapi mulai tergerus zaman.
    Peristiwa pembangunan Monas, kejamnya PKI, peristiwa Malari tahun 1974 dan krisis moneter tahun 1998.
    °
    °
    📝Selain Sri Ningsih, ada satu tokoh lagi yang tak kalah hebatnya dan berperan penting dalam mengungkap misteri semua yang terjadi. Siapa dia? Baca aja bukunya😆
    °
    📝Pokoknya buku ini sangat saya rekomendasikan untuk kamu yg sedang berjuang menghadapi masalah kehidupan💪😁

  4. witmeyiskandar

    Pertama baca sih udah lama ya baru sempat review sekarang.
    Tentang Kamu, buku yang menceritakan sosok Sri Ningsih yang sangat menginspirasi kisahnya, sifatnya yang sangat patut kita contoh di kehidupan sekarang.
    Terimakasih buku republika sudah memilih penulis yang sangat keren-keren dengan karyanya. Terimakasih juga sudah menerbitkan buku dengan harga terjangkau hihiiii karena sumpah murah harganya ❤️❤️

  5. Alya nida t

    Buku “tentang kamu” benar benar membuat saya merasa kagum. Bagian demi bagian selalu saja memiliki hikmah untuk kehidupan. Tentang struggle seorang sri ningsih semenjak dia kecil bersama sang adik,hingga dia wafat. Cerita yang sangat saya sukai,apalagi memiliki background tempat di negeri orang,membuat wawasan saya tentang negara tersebut menjadi bertambah. Seorang pengkhianat yang ternyata sangat dekat dengan sang tokoh. Yang paling saya suka selain struggle seorang sri ningsih adalah, perjuangan sang suami hanya untuk bertemu sri ningsih,benar benar definisi cinta sejati. Buku ini sangat inspiratif dan memotivasi untuk saya pribadi.

  6. Ikhma Dewi

    “Tentang kamu”luar biasa ini bukunya…
    Pas pertama saya baca kurang ngerti bahasanya,banyak kata2 yg sepertinya bahasa Inggris,jujur saya kurang mengerti dengan bahasa Inggris,tapi itu hanya diawal2 saja,setelah dipertengahan akhirnya ngerti juga,cerita nya penuh inspiratif banget,serum deh pokonya…

  7. Fadhilah Laras

    Buku “Tentang Kamu”, karya Tere Liye ini merupakan buku favorit saya. Di dalam buku ini, banyak sekali hikmah yang bisa kita dapatkan. Mulai dari makna sebuah kesabaran, bagaimana sebuah perjuangan, kerja keras, ketulusan, dan keberanian dari tokoh-tokohnya.

    Buku ini menceritakan tentang seorang pengacara bernama Zaman Zulkarnaen yang mendapat tugas untuk mencari ahli waris dari seseorang yang bernama Sri Ningsih. Namun, sangat sedikit informasi mengenai keberadaan ahli waris tersebut. Dan dimulailah petualangan Zaman menelusuri kisah hidup Sri Ningsih yang banyak sekali menyimpan hal-hal yang menakjubkan. Tentang perjuangan hidup Sri Ningsih mulai dari kecil hingga wafatnya. Mengenai arti dari sebuah kesabaran dan ketulusan yang membawa pada kebahagiaan sejati.

    Buku ini memiliki cover yang sederhana namun sangat menarik. Alur dan latar yang digunakan juga sangat baik. Bahasanya ringan dan mudah dipahami oleh pembaca. Dan yang terpenting dalam buku ini banyak sekali hikmah yang dapat kita petik.

    Terima kasih untuk Buku Republika yang telah menghadirkan buku-buku terbaik, dan tetap semangat untuk terus menerbitkan buku-buku terbaik dan berkualitas kedepannya.

  8. fadhilarasati

    Buku “Tentang Kamu”, karya Tere Liye ini merupakan buku favorit saya. Di dalam buku ini banyak sekali hikmah yang dapat kita ambil. Mulai dari makna sebuah kesabaran, tentang bagaimana sebuah perjuangan, kerja keras, keberanian, dan ketulusan dari para tokohnya.

    Buku ini menceritakan tentang seorang pengacara bernama Zaman Zulkarnaen yang mendapat tugas untuk mencari keberadaan ahli waris dari seseorang yang bernama Sri Ningsih. Wanita berpaspor Inggris tersebut memiliki kekayaan yang besar. Namun, sedikit sekali informasi mengenai ahli warisnya. Dan dimulailah perjalanan Zaman dalam menelusuri kisah hidup Sri Ningsih, dari kecil hingga wafatnya, yang penuh dengan hal-hal menakjubkan. Tentang bagaimana perjuangan hidupnya, kerja kerasnya, dan makna sebuah kesabaran dan ketulusan yang akan membawa pada kebahagiaan sejati.

    Meskipun cukup tebal, buku ini sangat menarik untuk dibaca. Covernya yang sederhana, tetapi sangat menarik dan sarat akan makna. Alur dan latar yang disajikan sangat baik. Buku ini menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh pembaca. Dan yang terpenting banyak sekali hikmah yang dapat kita petik dari buku ini.

    Terima kasih untuk Buku Republika yang telah menghadirkan buku-buku terbaik. Tetap semangat dalam menerbitkan buku-buku terbaik dan berkualitas kedepannya.

  9. kurniarizqia12

    Tere Liye kembali luncurkan karya terbaiknya. Novel yang diterbitkan oleh
    Republika pada tahun 2016 berjudul Tentang Kamu. Novel ini menceritakan tentang kehidupan Sri Ningsih, Seorang wanita
    yang baik hati, sederhana dan tangguh dalam menjalani naik turunnya kehidupan. Ia berasal dari
    keluarga sederhana di Pulau Bungin, Sumbawa, Provinsi NTB. Sebelum menutup usia, Sri
    menulis surat wasiat untuk ahli waris hartanya sebesar 19 triliun rupiah.

    Cerita dalam novel ini berawal dari Zaman Zulkarnaen, seorang Pengacara Muda yang
    mendapat tugas dari Firma Hukum Thompson & CO. untuk menyelidiki kasus Sri Ningsih,
    seorang wanita berumur 70-an yang baru saja meninggal di sebuah panti jompo di Paris. Sri
    Ningsing meninggalkan harta warisan sebesar 19 triliun rupiah. Zaman menelusuri seluruh rangkaian perjalanan Sri Ningsih mulai dari masa kecilnya di Pulau Bugin, hingga ia meninggal di Panti Jompo di Paris. Perjuangan hidup Sri Ningsih tidak lah mudah. Ia harus bergelut dengan kerasnya kehidupan. Meski berulang kali terjatuh, tak membuat Sri Ningsih menyerah. Ia tetap gigih berjuang, memeluk segala luka dengan kesabaran, ketulusan hati, dan rasa syukur.

    Bahasanya yang digunakan dalam buku ini ringan dan mudah dipahami. Walaupun
    buku ini terbilang tebal dan sinopsis di belakang cover kurang dapat menggambarkan isi cerita, namun karena penggunaan bahasa dan pengemasan cerita yang pas membuat buku ini sangat menarik untuk dibaca.
    Buku ini dapat dibaca oleh semua
    kalangan karena di dalamnya menceritakan tentang kehidupan sosial dan mengandung banyak
    pesan moral. Tak hanya itu, di dalamnya juga menceritakan kisah inspiratif.

    Buku Tentang Kamu ini sangat aku rekomendasikan untuk dibaca. karena buku ini menceritakan kisah yang sangat inspiratif. Terima kasih penerbit Republika, telah menerbitkan buku karya novelis hebat.

  10. Nanda Azzah Salsabilah

    Pertama kali baca buku ini waktu sedang mengabdi di pondok, meminjam punya kakak kelas. Tertarik karena novel ini adalah salah satu novel yang direkomendasikan.

    Awal membaca ini mungkin agak kesulitan, karena berhubungan dengan hal-hal yang belum aku kuasai, namun berjalannya halaman yang ku baca, semakin terbawa alur cerita.

    Petualangan, penyelidikan, keberanian, cinta sejati, kerinduan, ah.. pokoknya semua terangkum di novel ini. Salut, dan keren…

    Tentang kamu yang menceritakan sebuah kisah kehidupan yang sangat mendalam, perjuangan dalam hidup sebelum akhirnya kematian menjemput.

  11. amaliawafiq9

    Satu novel lagi dari penulis yang selalu memotivasiku dan juga semua pembacanya,novel ini mengajarkan bahwa satu peistiwa memiliki banyak pelajaran atas hidup ini.Pelajarannya,Sri Ningsih dari anak kecil pulau Bungin bisa menjadi seorang yang memiliki saham salah satu perusahaan internasional melalui kerja kerasnya dengan segala peristiwa masa lalu yang menyakitkan dilaluinya,sampai akhirnya dia bertemu seorang laki-laki Turkey Hakan,bermula dirute perjalanan bus itu menjadi awal mula kesederhanaan cinta mereka hingga mereka menikah dan didalam pernikahan mereka terdapat suatu kesetiaan akan janji suci itu,dan satu tokoh lagi dalam novel ini yang tak henti-hentinya membuat aku selalu kagum akan tokohnya Zaman Zulkarnain seorang yang bertugas menyelesaikan misteri warisan dari Sri Ningsih, Zaman selalu mengedepankan kejujuran,kegigihan dan nilai moral kehidupan banyak sekali.
    Terimakasih Oom Tere yang selalu berhasil memotivasiku dengan pelajaran sederhana kehidupan yangtersaji dalam novel dan penerbit buku Republika yang kemudian mencetak novel hebat ini.

  12. septriyani25

    Tentang Kamu. Novel ini berhasil membuat saya berdecak kagum. Bagaimana tidak? Di setiap lembarnya begitu penuh kisah yang luar biasa dan penuh kejutan. Mungkin bagi beberapa orang yang belum pernah membaca novel karya Tere Liye, akan mengira novel ini termasuk pure genre romance, novel yang isinya penuh cinta-cintaan. Karena dari sinopsisnya begitu lekat dengan kata-kata cinta.

    Namun, bagi kalian penggemar Tere Liye dan sudah membaca semua karyanya, pasti tahu kalau cerita romance karya Tere Liye bukan sekedar romance biasa. Di novel Tentang Kamu, kalian tidak hanya menemukan sisi romancenya saja, tapi akan ada sisi drama kehidupan dan juga sejarah fiksi.

    Sri Ningsih sebagai tokoh utama memiliki karakter yang kuat. Setiap perjalanan hidupnya memiliki maknanya sendiri2. Terdapat 5 juz bab kehidupan Sri Ningsih yang begitu luar biasa.

    Tentang kehidupan, persahabatan, cinta sejati, kisah sedih, dan kisah bahagia bisa kalian temukan di novel ini.

    Recommended⭐⭐⭐⭐⭐

  13. Rika

    Terima Kasih telah mengizinkan ku mengenal Sri Ningsih wanita berbadan gempal, kulit hitam dan memiliki hati yang bersih dari kebencian.

    Sri Ningsih mengajarkan kita untuk tetap sabar dengan segala takdir yang telah digariskan Tuhan.

  14. Anaamuawanah

    Bang Tere (sebutan akrab pembaca) kembali menyuguhkan sebuah Novel yg menguras emosi.

    Ini Tentang kehidupan, ketegaran, kesabaran, dan keikhlasan Ketiga itu tak pernah lepas dari sisi hidup seseorang.

    Sebuah novel yang mengisahkan jejak rekam kehidupan seorang wanita sederhana bernama Sri Ningsih. Ia dilahirkan di sebuah pulau yang tak akan ditemukan sebuah daratan untuk berpijak.

    Dengan kemampuannya Sri Ningsih tak pernah berputus asa, ketika kegagalan menghadangnya ia segera bangkit kembali dan berusaha menjaga diri dimanapun ia berada.

    Di London kehidupannya terus berlanjut. Tak cukup hanya itu, kisah asmara yang ia alami sungguh sangat mengharukan, dengan cinta dan ketulusan yang sangat besar dari seseorang.

    Zaman Zulkarnaen pengacara Muda yang berkerja di Firma Hukum di London Thompson & CO. Di beri mandat untuk menyelesaikan wasiat dari seorang klien.

    Kehidupan Zaman tak jauh seperti Sri Ningsih, dengan keteguhan dia berusaha menemukan benang merah di kehidupan Sri Ningsih dengan di bantu salah satu pengasuh panti jompo yang menjadi tempat terakhir Sri Ningsih menutup matanya.

    Saya jamin novel ini akan menjadi salah satu deretan Novel Favorit kalian😍

  15. Maitsa Wafaa Aliifah

    Buku tentang kamu karya Tere Liye merupakan buku novel terfavorit saya. Saya sudah beberapa kali membacanya, buku ini seperti mengajak saya berjalan-jalan karena ceritanya tentang penelusuran kehidupan seseorang yang dilakukan oleh pengacara Thompson&Co, London, yang bernama Zaman Zulkarnaen, ia diberi tugas oleh sir thompson, zaman harus mencari ahli waris klien besarnya karena klien tersebut memiliki warisan sebesar 1 miliar poundsterling setara dengan 19 triliun rupiah. Klien besar itu bernama Sri Ningsih berasal dari Indonesia.
    Zaman memulai penelusurannya dari panti jompo yang berada di Paris karena surat yg dikirimkan ke Thompson & Co beralamatkan panti jompo tersebut. Di sana Zaman mendapatkan buku diary Sri dari Aimèe karena Aimèe terbilang dekat dengan Sri Ningsih, sebelum Sri meninggal ia memberikan buku diarynya kepada Aimèe.
    Buku diary tersebut satu-satunya jalan bagi zaman untuk menelusuri kehidupan Sri.
    Dalam buku diary tersebut terdapat 5 juz. Pada juz pertama sampai juz 5 berisi catatan singkat perjalanan hidup sri, pada setiap juz berlatar tempat berbeda sehingga zaman harus mengunjungi tempat-tempat tersebut untuk mengetahui masa lalu sri dan menemukan ahli warisnya.
    Buku ini memiliki banyak keunggulan diantaranya yaitu buku ini berhasil membawa pembacanya seperti masuk ke dalam cerita, bahasanya mudah dipahami, tokoh-tokohnya memiliki karakter yang unik dan saya paling suka dengan tokoh Rajendra Khan XD, cover bukunya cocok dengan ceritanya karena gambar sepatu dalam cover buku tersebut memiliki makna, dan buku ini memberi banyak manfaat kepada para pembacanya seperti tentang kesabaran, keteguhan dan lain sebagainya. Saat saya membaca buku ini saya tidak menemukan kekurangan apapun menurut saya buku ini cukup sempurna.
    Buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca oleh kamu yang suka membaca ^_^.
    Sekian review dari saya.

  16. Septiani

    Awal melihat judul buku ini, jujur saya terkecoh. Saya pikir ceritanya hanya tentang sepasang manusia yang jatuh cinta kemudian berakhir bahagia. Ternyata lebih dari itu.

    Sri Ningsih, tokoh dalam buku ini, sosok perempuan yang kuat. Semangatnya untuk tidak menyerah dan pemaaf menghangatkan hati pembaca. Apalagi ketika ia mengalami kesulitan yang teramat dalam hidupnya. Membuat saya takjub begitu mudah ia memaafkan. Sesuatu yang harus kita pelajari sebagai manusia. Hal menarik lainnya adalah kita seperti diajak mengelilingi dunia melalui tokoh Zaman sambil menelusuri masa lalu Sri Ningsih.

    Takjub sekali dengan buku ini. Walaupun buku ini tebal namun tidak terasa hingga ketika menamatkannya saya merasa sedih. Berpikir bahwa ceritanya sudah berakhir.

    Saya suka sekali buku ini. Susah untuk menemukan kata yang tepat untuk menggambarkan betapa saya sukanya buku ini. Sering saya ulang berkali-kali setiap kali saya down. Tokoh Sri Ningsih menguatkan saya. Buku ini semacam sebuah healing bagi saya.

  17. Nuha Hanifah

    Saya baca buku ini saat SMA, sampai saat ini masih saya baca ulang dan masih menjadi favorit saya, karena gk cuma seru, tapi penuh dengan pelajaran hidup, khas novel-novel Tere Liye.

    Tokoh Sri Ningsih membuat saya takjub, semua orang harus mengenalnya. Latar di Pulau Bungin, pulau terpadat di dunia, semua disajikan sesuai fakta. Alur yang membuat perasaan campur aduk, pesan-pesannya tersampaikan dengan baik.

    Banyak orang salah sangka ketika membaca judulnya, Tentang Kamu, seakan buku romantis, padahal bukan itu inti dari buku ini. Kalian harus baca, jangan ragu, saya jamin buku ini gk cukup dibaca sekali.

  18. @lenniayul

    Kalo ada bintang 1000 pasti udah ku kasih, hiks:’). Andai ada seri ke-2nya aku pasti bakal excited. Jujur, aku ga akan review semua alur dalam novel ini. Karena sudah pasti akan banyak bgt kaya yg lain. Intinya kalo kalian ingin menemukan Novel dengan cerita yang seru pastinya, disuguhi action, emosional, love, family, struggle dan dibumbuhi sejarah bgt. Fix kalian hrs beli Novel Tere Liye – tentang kamu. Awalnya dikasih sbg gifts dari org spesial krn aku suka baca novel dan belum baca novelnya tereliye samsek, wow! Langsung sesuka itu! Bikin nangis:’) terharu bgt saat perjalanan zaman zulkarnaen mencari siapa sosok ibu Nur’ Aini. Bener – bener sejatuh cinta itu! Rasanya pikiranku seperti terbawa kisahnya ^^

  19. Mei Nanda Isnaini

    Novel Tere Liye yang buat aku sangat sangat terkesan, ya ini Tentang Kamu. Pertama kali dengar judulnya (rekomendasi teman) dan lihat covernya aku kira bakalan tentang kisah pasangan yang menceritakan pengalaman percintaan mereka, atau seseorang yang mengisahkan kelebihan pasangannya. Mungkin karena covernya sepasang sepatu kali yaa :D…
    Tapi saat aku baca, ternyata isinya diluar ekspektasiku. Aku benar-benar kagum sama sang tokoh utama –Sri Ningsih dari awal cerita. Tapi sebelum itu yang tidak kalah buat aku tertarik adalah tokoh Zam, si Pengacara yang buat aku ikutan berpikir layaknya detektif.
    Dari novel ini aku jadi tahu banyak tentang sejarah yang gak diajarkan di sekolah. Sampai benar kepikiran “Jadi gerobak Kang Nasi Goreng itu karya Sri Ningsih?”
    Dan bukan hanya itu, aku baca novel ini sebelum aku belajar tentang hereditas (persilangan), dan dari novel ini aku uda langsung paham apa yang dijelasin sama guru biologi tentang rhesus (teringat tentang kisah rumah tangga Sri Ningsih tanpa seorang anak). Seolah kisah di novel ini bukan hanya fiksi belaka, mungkin memang ada yang mengalami hal demikian dan aku sebagai saksi atas kisah itu sangat takjub atas kegigihan seorang Sri Ningsih. Dan itu pula yang memotivasiku untuk menjadi wanita yang lebih hebat dari dia. Karena aku yakin setiap orang memiliki kisah indah.
    Dan yang buat aku beneran gak nyangka adalah tentang adik Sri Ningsih yang masih hidup, seketika aku nyengir baca bagian itu…
    Yah, sekian halaman aku habiskan bersama senyum, tawa, tangis dan perasaan dongkol seketika. Dengan sesekali mengerutkan dahi dan nyengir gak jelas 😀
    So inspired…

  20. Rifta Nindia

    Berkisah tentang menguak masa lalu seseorang yang meninggalkan warisan senilai 19 triliun rupiah. Tentang perjalanan memeluk luka. Tentang jatuh bangun perjuangan yang tidak mengenal kata menyerah, meski berkali-kali harus terus menerus memulai dari nol. Tentang bagaimana berdamai dengan semua kejadian menyakitkan.

    Buku ini sangat bagus untuk menemani kita diwaktu luang, terutama saat pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita untuk tetap #dirumahaja . Karena buku ini akan mengajak kita berkeliling ke banyak tempat, karena latarnya yang beragam, antara lain Pulau Bungin (Sumbawa), Surakarta, Jakarta, London dan Paris.

    Buku ini menceritakan perjalanan hidup seseorang dari sebelum ia lahir sampai setelah kematiannya. Termasuk kisah cintanya yang unik. Ia adalah orang Jawa yang lahir di Sumbawa bertemu jodohnya orang Turki dibawah langit kota London. Jadi ingat pepatah “Garam di laut, asam di gunung, bertemu jua di belanga” 😂

    Motivasi untuk yang belum bertemu dengan jodohnya, jangan sedih, mungkin dia nyangkut dibelahan bumi yang lain. Tidak apa-apa, asal jangan di planet lain 😂

  21. fadhilarasati

    Pertama kali baca buku ini dari meminjam punya teman SMA. Dan sampai saat ini, buku ini menjadi novel favorit saya, meskipun saya belum memilikinya. Semoga nanti jika ada rezeki saya bisa memiliki buku ini.
    Sejak pertama kali melihat buku ini saya tertarik dengan covernya. Cover simpel dengan gambar sepasang sepatu. Menurut saya sepasang sepatu melambangkan sebuah langkah dan perjalanan. Dan benar saja, buku Tentang Kamu ini mengisahkan perjalanan hidup dari Sri Ningsih. Banyak sekali hikmah yang dapat diambil dari buku ini, diantaranya :
    1. Selalu bersabar dalam menerima setiap ketentuan dan ujian yang diberikan oleh Allah. Allah akan meninggikan derajat hamba-Nya yang senantiasa bersabar dalam menghadapi setiap ujian.
    2. Senantiasa berbaik sangka kepada orang lain, membuat hati menjadi tentram.
    3. Kita tidak boleh menyerah atas suatu kegagalan. Jika kita gagal 1000 kali, maka pastikan kita bangkit 1001 kali.
    4. Kerja keras pasti akan membuahkan hasil. Entah itu sekarang, atau disimpan untuk nanti.
    5. Cinta tidak perlu terlalu dikejar. Ada saat yang tepat dan di waktu yang tepat, cinta sejati akan menemukan kita.
    6. Setiap ujian yang datang, sejatinya semakin menguatkan kita. Oleh karena itu, hadapilah dengan penuh kesabaran dan keikhlasan.

  22. reunihandayani

    Novel ini adalah novel yang sangat saya sukai dari puluhan buku Tere Liye, padahal baru minggu ini bacanya. Cerita ini mengenai seorang Zaman, yang sedang berusaha menelusuri masa lalu seseorang yang dia pun tidak tahu siapa itu. Hanya bermodalkan sebuah buku harian yang isinya bisa dilitung pakai jari, ia berusaha menyusul puzzel itu. Banyak pelajaran yang dapat saya ambil, keikhlasan, kesabaran, penghiatanan, cinta, perjuangan, kerja keras, dan masih banyak lagi. Tentang Kamu mampu membuat saya menghabiskann waktu selama 16 jam full sangking penasaran. Membuat saya berkerigat dingin ingin mengetahui akhir cerita. Sungguh memuaskan. It is recommended!

  23. Lala Sulfa

    Novel ini menceritakan tentang perjalanan Zaman (seorang Firma Hukum Thompson & CO, Belgrave Square, London) untuk mencari hak waris Sri Ningsih (wanita asal Indonesia yang meninggal di Paris) Jumlah warisannya sekitar 19 triliun rupiah.

    Awalnya saya pikir novel ini sepenuhnya menceritakan kehidupan asmara. Ternyata tidak, novel ini lebih menceritakan tentang kehidupan wanita tangguh dan bagaimana perjuangannya. Mulai dari Pulau Bungin, berlanjut di Surakarta, lalu ke Jakarta, London, dan Paris. Latar novel ini ada di 5 tempat di 3 negara. Pembaca seperti diajak jalan-jalan sambil merenungkan makna kehidupan melalui narasi indah yang penulis rangkai.

    Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah Sri Ningsih, ada tentang keluarga, persahabatan, usaha, kegagalan, dan lain-lain. Satu lagi, tak perlu khawatir atau terintimidasi dengan ketebalan novel ini. Jika sudah masuk ke dalam cerita, maka novel ini akan sulit untuk dilepaskan.

Add a review

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *