Bumi Cinta

Promo Spesial!
()

Rp110,000.00 Rp88,000.00


Back Cover

โ€œPerpaduan romantisme Shidney Sheldon dan suspens ala Frederick Forsyth. Mengasyikkan sejak baris pertama sampai baris terakhir.โ€
—Irwan Kelana, Wartawan Senior

LIHAT VERSI E-BOOK

Kota Asal Pengiriman : Kota Jakarta Selatan

Description

Muhammad Ayyas, seorang santri salaf sedang melakukan penelitian di Rusia, sebuah negeri yang menjunjung tinggi seks bebas. Ia harus berjuang mempertahankan keimanannya. Mampukah Ayyas mempertahankan keyakinannya ketika hasrat nonik-nonik muda Moskowa yang kecantikannya tiada tara terus menggodanya?

Humanis, cerdas, mengharukan, dan memuat nilai universalโ€ฆโ€

Lili Wong, Pemerhati Novel

Book Details

Weight 450 g
Dimensions 13.5 × 20.5 cm
Halaman

442

Tahun Terbit

2018

Author

Habiburrahman El-Shirazy

Publisher

Republika Penerbit

Reviews

42 reviews for Bumi Cinta

  1. Latifah dwi safitri

    Suka sekali dengan buku ini.Berisi cerita yang menggugah pembacanya.Didukung dengan cover yang menggambarkan isi cerita

  2. Mumayizatun

    Dinginnya salju seolah sampai pada tulangrusuk ku.

  3. riandi2920

    Buku yang sangat layak jadi koleksi dan tentunya jadi bahan bacaan. kenapa?
    Karena novel yang berjudul Bumi Cinta ialah novel karya sastrawan Indonesia sekaligus cendekiawan yang mendapatkan penghargaan The Istanbul Foundation for Sciences and Culture, Turki bernama Habiburrahman El Shirazy atau yang sering kita kenal dengan sapaan kang Bik.
    Novel ini menceritakan perjuangan seorang pemuda asal Indonesia bernama Muhammad Ayyas yang sedang belajar di Moskwo, Rusia. Ayyas yang sedang melakukan penelitian untuk tesisnya harus berjuang keras menghadapi cobaan dan rintangan di tengah kehidupan kota Moskwa, Rusia. Tidak mudah bagi seorang muslim yang taat seperti Ayyas untuk bisa hidup di negeri yang terkenal sebagai nomor satu dunia pergaulan bebasnya itu. Mulai dari cobaan iman oleh noni-noni Rusia yang terkenal akan kemolekannya, bahkan teman SMP nya sendiri yang dikenal oleh Ayyas sebagai teman yang baik dan sudah cukup lama tinggal di Rusia sebagai mahasiswa juga telah terkontaminasi oleh pegaulan yang serba bebas tidak mau terikat oleh aturan.
    Cobaan Ayyas semakin berat ketika ia ditakdirkan untuk tinggal di Apartemen bersama dua gadis yang sangat bebas pergaulannya. Gadis yang satu bernama Yelena berprofesi sebagai pelayan lelaki hidung belang dari pelbagai dunia dan satunya lagi adalah gadis cantik pemain biola bernama Linor. Selain itu Ayyas juga harus lebih kuat mempertahankan imannya karena ia akan melakukan penelitiannya dibimbing oleh doktor muda cantik yang nantinya akan mengagumi dirinya.
    Ayyas tidak hanya harus menghadapi cobaan perempuan yang akan mengusik imannya, tapi ia juga harus kuat bertahan melawan mafia orang-orang jahat yang mengancam nyawanya. Bahkan ia hampir mendapat fitnah besar sebagai teroris oleh intelejen Israel yang akan menjadikan ia sebagai kambing hitam atas rencana-rencana busuknya.
    Cerita utama yang disuguhkan dalam novel ini ialah perjuangan yang banyak memuat ilmu dan wawasan menarik mulai dari sejarah hancurnya Uni Soviet oleh rezim komunis Lenin dan dilanjutkan dengan rezim Stalin yang semakin diktator dan kejam, nilai-nilai kemanusiaan, politik, kearifan lokal Indonesia, toleransi dan yang paling mengagumkan adalah ada banyak intisari Al-Quran disetiap alurnya yang akan menggugah jiwa pembaca.
    Ketaguhan iman dan kesabaran Ayyas juga banyak membawa pengaruh positif dan berkah bagi teman-teman dan orang-orang yang dikenalnya. Banyak masalah terkuak dan misteri yang terpecahkan. Ah ya, satu lagi. Walaupun novel ini berjudul Bumi Cinta tapi didalamnya pembaca tidak akan mendapatkan cerita cinta-cinta yang alay seperti disinetron-sinetron. Romantisme memang ada tapi disajikan dengan sangat memukau, indah dan mengharukan.

  4. rasyifa01

    Buku ini bagus banget. Banyak pelajaran dan hikmah yang bisa dipetik di dalamnya. Buku ini kebanyakan berisi tentang persoalan agama yang berlatar belakang di Rusia. Cocok untuk mengetahui tantangan sbg org muslim di negara non muslim. Recommended๐Ÿ˜Š๐Ÿ‘Œ

  5. Muhamad Arif

    Cerita yang disuguhkan pada buku ini sangat berkesan untuk berulang kali dibaca.kisah peran utama melawan hawa nafsunya agar selalu menjaga keimanannya merupakan salah satu hal sangat berkesan dan menggugah di buku ini.ditambah cover nya yang ciamik membuat Buku ini patut dibaca oleh kalian

  6. guti.amedapazah

    Lagi-lagi buku karya kang abik menggetarkan jiwa, membuat jatuh cinta siapa saja yang membacanya, kehidupan tokoh ayyas yang penuh dengan hikmah dan pelajaran, serta kita dapat mengetahui bagaimana islam dipandang di negeri orang, sangat suka dengan bukunya, keren, mengesankann ๐Ÿ‘, dan sangat recomendeddd ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  7. Majidah Quatus Silah Billah

    Novel ini benar-benar menggugah jiwa, menceritakan tentang sebuah keteguhan Iman, dengan sebuah alur cerita yang mampu membawa pembaca tenggelam ikut tenggelam di dalamnya, benar-benar luar biasa novel Kang Abik yang satu ini.

  8. Anwar Anas

    Assalaamualaikum Wr. Wb .

    Tatkala membaca buku novel karangan Habiburahman El Shirazy sang novelis no. 1 di Indonesia saya jadi berpikir tentang pergaulan bebas para remaja Indonesia sekarang. Bukan hanya di Rusia yg Ibukotanya Moskow saja ternyata yang sedang terjadi seks bebas tapi bahkan di beberapa negara di Asia tak luput pula Indonesia ini , banyak anak-anak muda yg sedang terjerumus kemaksiatan . Membaca novel tentang BUMI CINTA seakan saya mengerti bahwa tidak mudah untuk menjaga iman kita apalagi di Negara yg terkenal free seks itu. Dalam buku ini saya sangat kagum dengan tokoh yg bernama Muhammad Ayyas. Ia adalah santri yg sangat memegang kuat ajaran Islamnya waktu ia belajar di pesantren maupun setelah ia kuliah di Madinah bahkan ketika ia diuji imannya oleh gadis Rusia se apartemennya. Bagi saya novel ini sangat bermanfaat bagi generasi muda Indsonesia untuk memotifasi diri mereka agar tidak terjerumus ke dalam jurang kemaksiatan.

  9. Nabiilah

    Bismillahi walhamdulillah
    Saya senang sekali bisa berkesempatan untuk menyelesaikan novel ustadz habiburrahman el shirazy (kang abik) yang satu ini. Novel “Bumi Cinta” ini tak hanya mengisahkan perjalanan hidup seorang santri sebagai mahasiswa yg sedang berjuang menyelesaikan karya tulisnya, tapi novel ini juga mengisahkan bagaimana suasana Islam di tanah Rusia yang bisa dibilang minimalis di negara tersebut. Pokoknya best terbitan republika ini.

    #republika
    #kangabik
    #habiburrahmanelshirazy

  10. Hanik Nurul Mahmudatussholikah

    Dari dulu saya sangat penasaran dengan Novel Kang Abik yg satu ini. Tebal sekali. Penasaran rasanya ingin memiliki

  11. Ummu Kultsum (pemilik terverifikasi)

    Buku “Bumi Cinta” menyuguhkan tantangan dan konflik kehidupan di sebuah kota yang bernama Moskwa, Rusia. Dimana bagaikan roller coaster, konflik dalam buku ini dapat membuat pembacanya merinding dan speechless. Mulai dari segi keagamaan sampai sejarah pun diceritakan dalam buku ini. Pembaca tidak hanya membaca buku biasa, akan tetapi membaca runtutan konflik kehidupan di Moskwa beserta sejarah yang mendampinginya. Selain itu, isinya pun dapat menggugah iman para pembaca agar tetap teguh dan taat kepada Allah SWT. Saya benar-benar kagum kepada Muhammad Ayyas dengan segala keteguhan imannya. Saya juga tidak menyangka, bahwa dengan membacanya secara tidak langsung belajar juga mengenai sejarah akan tempat yang dijadikan latar dalam buku ini. Sangat direkomendasikan untuk pembaca yang suka sejarah. This book is very valuable.

  12. Alya nida t

    Buku “bumi cinta” buku terfavorit saya,karena apa? Karena memiliki cerita yang membuat wawasan saya bertambah banyak,baik dari sisi agama,maupun dari segi ilmu pengetahuan. Karena saking penasarannya,saya nekat membaca buku tersebut disaat menjelang UN. Buku ini benar benar membuat saya penasaran tentang russia dan ingin mengunjungi nya. Gara-gara buku “bumi cinta” ini,saya bahkan mempelajari tulisan sirilik. Bukan hanya itu saja,wawasan sejarah saya juga bertambah,salah satunya tentang lenin dan stalin.

  13. Anggi Fitriani

    Bismillahirrahmanirrahim..
    Novel Bumi Cinta karangan Kang Abik memang luarbiasa. Bahkan saya menyelesaikan dalam sekali duduk novel 546 halaman ini.
    Muhammad Ayyas, seorang pemuda Indonesia Yang harus melaksanakan penelitian dengan dibimbing oleh Guru Besar Sejarah Asia Tenggara yang sangat disegani yaitu Profesor Abraham Tomskii. Kisah Muhammad Ayyas selama di Moskwa banyak memberikan pelajaran kehidupan, bagaimana seorang pemuda muslim menjalani hidupnya di Moskwa, Rusia. Dia harus tinggal satu apartemen dengan dua wanita Rusia, Yelena dan Linor, yang memiliki latarbelakang pekerjaan yang tidak disangka oleh Ayyas. Ayyas harus menahan segala nafsu duniawinya, dan selalu meminta perlindungan kepada Allah SWT agar tidak terjurumus kedalam perbutan yang bisa menodai kesucian dirinya. Kehidupannya di Moskwa menuai banyak ujian dan hikmah yang luar biasa, saat dia harus menjelaskan tentang Islam kepada pembimbing penggantinya Profesor Anastasia, juga para masyarakat Rusia yang tidak mengenal kedamaian Islam. Kedatangan Ayyas memberikan keberkahan oleh orang-orang sekitarnya, atas izin Allah teman satu apartemennya, Yelena menjadi mualaf dan menikah dengan temannya yang kembali pada Jalan Allah setelah lama meninggalkan agama yang damai itu. Linor yang menemukan jati dirinya sebagai perempuan palestina yang ingin menikah dengan pemuda yang menjaga kesuciannya layaknya Nabi Yusuf.
    Kisah yang luar biasa dan menggetarkan jiwa. Selalu banyak pelajaran yang bisa diambil dalam novel karangan kang abik. Barakallah saya bisa membaca novel terbitan Replubika ini.

    Sekian, semoga saya selalu diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk bisa membaca buku-buku terbitan Republika.๐Ÿ˜Š

  14. Umi Nadziroh

    MasyaAllah. Novel Bumi Cinta banyak sekali memberikan pelajaran pada kita akan keteguhan Iman.
    Saat berada di negara yanh mayoritas non muslim tentunya kita akan sulit sekali mempertahanka keyakinan kita. Mau sholat akan akan selalu menjadi perbincangam dan tontonan bagi non muslim. Dan disana kita akan dianggap sebagai teroris yang akan menghancurka negara tersebut. Padahal faktanya tidak.
    Dan godaan keimanan lainnya juga banyak sekali. Dengan itu keyakinan kita harus dilandasi dengan keimanan yang kuat.
    Saya sangat terbaru dan sampai memangis membaca novel ini. Membaca perjuangan Ayyas yang tidak begitu mudah. Dengan pertolongan Allah lah kita akan kuat.
    Selain itu keunika novel ini juga disertai dengan sejarah atau seluk beluk kota Moskowa Rusia.
    Novel ini recommended untuk dibaca. Banyak sekali hikmah yang dapat diambil sebagai pelajaran.

  15. Ida Farida

    Pertama kali baca novel ini karena penasaran akan kehidupan seorang santri di negara Rusia,semakin dibaca semakin penasaran akan kehidupan sosok seorang Ayyas,benar-benar menggugahkan hati dan berpikir bahwa kuatnya iman seorang Ayyas ini apa ada disaat godaan para wanita Rusia yang sangat ingin merampas keimanannya,sampai ada salah satu kata-kata mutiara yang ada di novel Bumi Cinta ini saya ingat sampai hari ini padahal bacanya udah lama yaitu “alibi seterang matahari”,sampai di suatu hari melihat postingan kang Abik yang menceritakan bahwa tokoh-tokoh utama yang ada di novel beliau ini hasil dari pemikiran yang mendalam dari ayat-ayat Al – Quran,tak heran saya temukan dalam novel tersebut ketika Ayyas tengah ingin di fitnah oleh seorang wanita namun gagal sampai pada akhirnya wanita tersebut taubat,intinya bener-bener bagus banget.

  16. Mutia Hartina

    buku buku yang diterbitkan oleh republika selalu memberikan pembelajaran dan ilmu yang luar biasa, hampir semua buku2 bestseller dan penulis favorit saya berawal dari saya membaca buku2 terbitan republika, bahkan meski sudah 20 tahun berlalu, buku2 turunan ibu saya mash berjajar apik dilemari buku keluarga kami.
    kami sangat senang membaca buku2 karangan habiburrahman el zhirazy, salah satunya adalah bumi cinta, menyadarkan saya betul bahwa kehidupan ini bukan hanya tentang hakikat iman, cinta dan tahta yang semu, tentang sebuah kata sederhana “anna uhibuki fillah” yang setulusnya, jika kita mau menyadari maknanya, maka hanya karena ridho Allah SWT lah kita memiliki dan karena Allah SWT pula lah kita kehilangannya

  17. Mutia Hartina

    buku buku yang diterbitkan oleh republika selalu memberikan pembelajaran dan ilmu yang luar biasa, hampir semua buku2 bestseller dan penulis favorit saya berawal dari saya membaca buku2 terbitan republika, bahkan meski sudah 20 tahun berlalu, buku2 turunan ibu saya mash berjajar apik dilemari buku keluarga kami.
    kami sangat senang membaca buku2 karangan habiburrahman el zhirazy, salah satunya adalah bumi cinta, menyadarkan saya betul bahwa kehidupan ini bukan hanya tentang hakikat iman, cinta dan tahta yang semu, tentang sebuah kata sederhana “anna uhibuki fillah” yang setulusnya, jika kita mau menyadari maknanya, maka hanya karena ridho Allah SWT lah kita memiliki dan karena Allah SWT pula lah kita kehilangannya. semoga kita selalu didekatkan dengan iman

  18. Ainun Mubin Misbah N

    Novel ini mengajarkan tentang keteguhan iman, mengajarkan tentang bagaimana menebar benih-benih cinta kebaikan di bumi Allah. Sungguh luar biasa dari segi cover, judul maupun isinya.

  19. Siti lathifatur rohmah

    Novel yang penuh dengan pembelajaran tentang toleransi, ilmu pengetahuan, dan juga keagamaan sangat menarik sehingga membawa pembacanya larut dalam cerita apalagi diendingnya bisa bikin pembaca penuh isak tangis. Jujur kalau pun baca berulang kali tetap aja bikin terbawa perasaan. Kisah ayass dan yelena

  20. Siti lathifatur rohmah

    Novel Bumi Cinta…
    Buku yang memberikan begitu banyak pengetahuan mengenai agama, toleransi, ilmu pengetahuan. Membawa pembaca larut dalam ceritanya sehingga terbawa perasaan.
    Perjalanan ayass dirusia yang penuh debar karena harus bertempat tinggal bersama dua wanita di satu kontrakan mengkoyak imannya.
    Ilmu-ilmu yang dikaji ayyasdi universitas juga memberikan wawasan luar biasa bagi pembacanya. Dan ending dari cerita yang bikin pembaca banjir air mata. Ceritanya berkesan dan teringat terus . So perfect

  21. Julia Elisa

    Sebuah buku yg menarik untuk dibaca, lihat judul dan cover nya saja sudah MaasyaAllah๐Ÿ˜. Buku yang mengajarkan kita untuk terus menebar kebaikan di dunia ini, buku yang sangat inspiratif dan mampu menyentuh diri, semoga makin banyak buku-buku seperti ini ya, buku yg bisa menambah wawasan kita akan kehidupan ini, bekal kita untuk di akhirat nanti.

    Buat kalian yg masih ragu mau beli buku di REPUBLIKA atau gak? Jawabannya harus beli sihhh, parah parah, adminnya baik bgt, pengiriman cepat, packing juga rapi, buku jadi gak rusak, masih aman dan masih bagus, buku2 yang dijual juga original, yaudah jgn kelain hati kalau mau beli buku, tetap di REPUBLIKA aja!!!

  22. Siti Aisyah

    Siti Aisyah- 22 April 2020
    Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.

    Mengenai program ulasan buku “bumi cinta” rasanya saya senang dan gembira karena bisa berkesempatan melukis sedikit cerita yang sampai saat ini masih lekat diingatan padahal sudah sejak 6 tahun yg lalu saya telah membaca nya.
    Jadi novel ini menceritakan tentang seorang mahasiswa Indonesia bernama Ayas yang melanjutkan pendidikan kuliahnya di Rusia dimana negara tersebut termasuk dalam kategori negara dengan “seks” terbebas di dunia. Cerita ini menarik karena di bumbui dengan background “luar negeri” yg semua org pasti akan excited untuk mengetahui info plus mengenai apa aja yang ada di Rusia? Bagi mereka yang belum pernah keluar negeri (seperti saya) jadi tahu deskripsi detail dan gambaran umum tentang Negara tersebut. Karena jujur saja orang lebih tertarik cerita atau novel yang ber background luar negeri (tapi gak semua).
    Lanjut, yang saya suka dari buku kang Abik (umumnya) yg berjudul “bumi cinta” (khususnya) pasti ada satu “passage” yang mengulas tentang ilmu pengetahuan mengenai Islam lebih dalam. Jika dalam cerita buku ini didapat ketika Ayas diundang untuk mengisi sebuah seminar. Lagi-lagi nilai plus bagi saya karena penjelasannya pun sangat rapi dan terkesan tidak menggurui. Dan penjelasannya sangat open minded sekali bagi saya yang masih kelas 1 SMP kala itu.
    Juga, bumi cinta ini menurut saya pribadi ada pesan tersirat yang dalam yang sengaja kang Abik sampaikan pada kita semua agar “tetap menjaga keimanan kita dimanapun kita berada” karena kita tahu Ayas bukan hanya kuliah dan mengajar tapi juga harus tahan keimanan terhadap kondisi dan pergaulan yang ada di sana. Terlebih ia terpaksa tinggal satu flat dengan dua orang wanita yang tidak halal baginya. Dan Ayas tetap berusaha menjaga pandangannya. Dan ini yang bikin aku terkagum-kagum sama tokoh Ayas.
    Terakhir, jujur aja setiap buku pasti ada aja yang kurang. Saya sebagai pembaca menyayangkan sekali endingnya yang menggantung. Dan sampai sekarang masih penasaran bagaimana kelanjutannya. Apakah masih diadakan episode selanjutnya apa tidak? Semoga ada.
    Mungkin ini aja, kurang lebih nya mohon maaf.
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh.

  23. Siti Fathimah Azzahro

    Bumi Cinta, sesuai namanya kisah dalam buku ini akan membawa kita menjadi saksi dari kekuatan Iman pemuda Indonesia di rantau. Juga perjalanan banyak insan untuk sampai kepada Hidayah yang berharga dan mahal harganya. Hingga saat semua telah bersatu dalam Kalimah tauhid yang mulia Bumi yang dipijak, dimanapun itu letaknya akan menjadi Bumi Cinta.
    Bumi para pecinta Nikmat Iman dan Hamba Rabb semesta Alam.

  24. Citra

    Pengen banget baca novel bumi Cinta. Soalnya semua novel Kang Abik itu sangat menginspirasi serta banyak.ilmu yang didapat. Seperti Kembara Rindu, Merindu Bginda Nabi, Bidadari Bermata Bening. Selain bnayka ilmunya, pembaca juga diajak untuk baper mengikuti alur ceritanya. Ahh pokonya pengen baca buku ini.

  25. Fitry Ulwiyyah

    Suka sekali denga alur cerita buku ini. Banyak pesan dan nasehat setiap ceritanya. Dan Perpaduan yang sangat dasyat sehingga melahirkan pemahaman pemahaman yang baru. Menganggumi sosok pemuda yang tertulis dalam kisah nya yaa dia adalah “ayyas”..

  26. Melina

    Novel karya Kang Abik yang satu ini adalah novel yang sangat masih membekas meski sudah hampir 10 tahun yang lalu saya membacanya.. Bagaimana dengan sangat tidak terterka dari kebanyakan novel novel lain.. Mengangkat tema yang tidak biasa, wajib banget dimiliki para pemuda pemudi sebagai acuan bagaimana seharusnya menjadi seorang muslim seperti Muhammad Ayyas. Cerdas, beriman, berani segala hal panutan memang ada ditokoh utama beserta ujian-ujiannya.. Menyisipkan hal-hal yang jarang diketahui, seperti nasihat secara tidak langsung bagi pembaca dan langsung tersampaikan. Terima Kasih telah menghadirkan buku ini Republika, terimakasih telah menghadirkan penulis penulis dan buku buku yang berkualitas sarat makna.. Tidak sekedar hanya karna mementingkan komoditas. Tapi juga menjadi ladang amal berkepanjangan… Barakallah..

  27. Arina

    Buku yang sangat cocok untuk para santri yang menimba ilmu di negeri seberang. Dengan berbagai landmark Moscow dengan kisah budaya sampai percintaan lengkap diceritakan oleh Kang Abik. Rekomendasi banget.

  28. Addis Zaky A

    Buku yang sangat menginspirasi kita yang masih kuliah terutama yang berada di luar negeri. Kuliah di luar negeri adalah sebuah cobaan, karena selain berhadapan dengan tugas2 kuliah, yang lebih penting lagi ialah menjaga iman. Novel ini mampu menghadirkan kisah yang begitu mengharukan, perjuangan Ayyas dalam mempertahankan iman di Rusia sangat mengharukan, sungguh sebuah novel yang harus dibaca oleh kalangan pemuda di negeri kita ini dan jugakita bisa belajar dari tokoh Ayyas dalam mempertahankan iman….

  29. Ridha Maulidya

    Bismillahirrahmanirrahim.
    Novel karya Habiburrahman el-shirazy alias kang Abik ini sungguh luar biasa, benar-benar novel pembangun jiwa yang sudah di tekankan pada covernya.
    Saya salut dengan kang Abik, beliau bisa menuliskan karya yang penuh dengan khazanah Islam serta intelektual yang tinggi, saya seperti tidak hanya baca novel tetapi baca sejarah dan buku pemikiran ideologi yang ditulis apik dan juga ringan.

    Novel ini berkisah tentang seorang pemuda bernama Muhammad ayyas lulusan madinah juga seorang santri yang akan melakukan penelitian untuk tesis S2 nya tentang sejarah islam modern dinegeri yang paling menjunjung tinggi sex bebas yaitu Rusia tepatnya di Moskow.

    Keimanan seorang ayyas diuji ketika harus menempati apartemen bersama dua nonik Rusia berparas cantik bernama Yelena dan Linor, berbeda kamar tapi satu dapur dan ruang tamu. Yelena ternyata seorang pelacur papan atas juga atheis, dan Linor adalah agen Mosad Zionis Israel yang berkarir sebagai wartawan.
    Ditambah lagi ayyas melakukan penelitian dibantu dosen pembimbingnya, doktor muda, pakar sejarah yang cantik jelita, Doktor Anastasia Palazzo seorang Katholik ortodoks.

    Didalam novel ini tersaji konflik pemikiran dan konflik prisip fundamental agama yang dituliskan dalam dialek yang lebih intelek, juga tersaji kritik ideologi seperti ideologi komunisme yang merupakan paham utama di Rusia dan yang tak kalah menggugah batin yaitu pembantaian oleh zionisme Israel yang terkuak pada menjelang akhir novel ini.

    Dalam novel ini juga ada cerita percintaan nya tapi kisah cinta dalam novel ini tidak begitu mendominasi bahkan kisah nya pun dibaluti nilai syariat Islam.

    Pesan dakwah yang ingin disampaikan sang novelis terwujud melalui akhlak mahmudah dari seorang ayyas.
    Inilah citra muslim sejati, dimanapun ditempatkan akidah tetap menjadi yang utama sekalipun banyak godaan yang membangkitkan nafsu tetap harus dibekuk oleh iman yang terus di pupuk melalui ketaatan kepada Allah.

    Banyak sekali ibrah yang bisa kita ambil tentang bagaimana menjaga keyakinan ditengah minoritas, toleransi, ukhuwah, dan banyak wawasan lainnya yang bisa kita dapatkan seperti sejarah Rusia, ideologi, nilai kemanusiaan dan masih bnyak lainnya.
    Melalui karya religi ini kita bisa syiarkan nilai-nilai Islam dan membumikan ayat-ayat suci Al-Quran.

    Novel ini bisa jadi referensi untuk muda-mudi yang mendapat amanah studi diluar negeri, agar memiliki prinsip yang kuat dan tidak mudah goyah oleh apapun bentuk cobaan yang ada di negeri orang, karena dengan begitu ia akan menjadi mukmin yang menang.

    “Dan sesungguhnya dunia ini adalah bumi cinta bagi para pecinta Allah ta’ala ” -Kutipan Bumi Cinta.

  30. Ridha Maulidya Ardiati

    Novel karya Habiburrahman el-shirazy alias kang Abik ini sungguh luar biasa, benar-benar novel pembangun jiwa yang sudah di tekankan pada covernya.
    Saya salut dengan kang Abik, beliau bisa menuliskan karya yang penuh dengan khazanah Islam serta intelektual yang tinggi, saya seperti tidak hanya baca novel tetapi baca sejarah dan buku pemikiran ideologi yang ditulis apik dan juga ringan.

    Novel ini berkisah tentang seorang pemuda bernama Muhammad ayyas lulusan madinah juga seorang santri yang akan melakukan penelitian untuk tesis S2 nya tentang sejarah islam modern dinegeri yang paling menjunjung tinggi sex bebas yaitu Rusia tepatnya di Moskow.

    Keimanan seorang ayyas diuji ketika harus menempati apartemen bersama dua nonik Rusia berparas cantik bernama Yelena dan Linor, berbeda kamar tapi satu dapur dan ruang tamu. Yelena ternyata seorang pelacur papan atas juga atheis, dan Linor adalah agen Mosad Zionis Israel yang berkarir sebagai wartawan.
    Ditambah lagi ayyas melakukan penelitian dibantu dosen pembimbingnya, doktor muda, pakar sejarah yang cantik jelita, Doktor Anastasia Palazzo seorang Katholik ortodoks.

    Konflik pemikiran dan konflik prisip fundamental agama dituliskan dalam dialek yang lebih intelek, juga tersaji kritik ideologi seperti ideologi komunisme yang merupakan paham utama di Rusia dan yang tak kalah menggugah batin yaitu pembantaian oleh zionisme Israel yang terkuak pada menjelang akhir novel ini.

    Novel ini juga ada berkisah tentang percintaan tetapi tidak mendominasi, kisahnya pun terbalut dengan nilai syariat Islam. Jadi tetap ada pembelajaran yang bisa kita ambil.

    Pesan dakwah tersampaikan melalui akhlak mahmudah dari seorang ayyas.
    Inilah citra muslim sejati, dimanapun ditempatkan akidah tetap harus menjadi yang utama, sekalipun banyak godaan yang membangkitkan nafsu tetap harus dibekuk oleh iman yang terus di pupuk melalui ketaatan kepada Allah.

    Banyak sekali ibrah yang bisa kita ambil tentang bagaimana menjaga keyakinan ditengah minoritas, toleransi, ukhuwah, dan banyak wawasan lainnya yang bisa kita dapatkan seperti sejarah Rusia, ideologi, nilai kemanusiaan dan masih bnyak lainnya.
    Melalui karya religi ini kita bisa syiarkan nilai-nilai Islam dan membumikan ayat-ayat suci Al-Quran.

    Novel ini recommend bnget untuk dibaca semua kalangan, dan bisa jadi referensi untuk muda-mudi yang mendapat amanah studi diluar negeri, agar memiliki prinsip yang kuat dan tidak mudah goyah oleh apapun bentuk cobaan yang ada di negeri orang, karena dengan begitu ia akan menjadi mukmin yang menang.

    “Dan sesungguhnya dunia ini adalah bumi cinta bagi para pecinta Allah ta’ala ” -Kutipan Bumi Cinta.

  31. @lenniayul

    Bener – bener keterlaluan ni buku! Aku sampai terperanjat karena banyak kisah yang memgejutkan. Pikiranku seperti masuk dalam imajinasi si buku ini, terbawa alur negara Rusia. Menikmati salju dsb, jujur! Aku cinta sekali dengan novel-novelnya @kangabik ^^

  32. Ariyanto pakaya

    Novel โ€ Bumi Cinta โ€ karangan Kang Abik memang luarbiasa mungkin sangat luar biasa menjadi salah satu buku favorit saya!

    Dimana Kisah muhammad ayyas seorang santri yang melakukan penelitian dirusia, sebuah negara yang menjunjung tinggi seks bebas,
    dengan kecerdasan dan keteguhan yang ia miliki dengan perjuangan nya dia harus mempertahan keimanan nya, Masya Allah sungguh luar biasa.

    Buku ini sangat cocok untuk kalangan pemuda pemudi yang berada di negara luar agar tetap mempertahankan imannya semoga bermanfaat:)
    Pekoknya bestlaah~

  33. Mei Nanda Isnaini

    Dengan membaca buku ini aku jadi tahu gimana sosok lelaki idamanku.
    Fix, seperti Ayyas. Setiap baca bagian tentang ‘ujian iman’ selalu bergumam dalam hati “Ya Allaah, tolong sisakan untuk hamba yang seperti ini. Satu aja, please”
    Gak tau kenapa dari novel ini aku jadi punya pandangan lain ke laki-laki. Aku yang awalnya punya pikiran kalau “laki-laki zaman sekarang mana ada yang nolak dikasih yang bening”. Dan disitu aku langsung menetapkan pilihan untuk minta pasangan nanti yang punya kepribadian seperti Ayyas.
    Dari novel itu aku udah punya gambaran gimana kota Moskow, yang awalnya aku gak terlalu tertarik sama Rusia. Tapi, berkat novel ini aku jadi excited untuk explore tentang Rusia dan sejarahnya. Dan aku jadi tau gambaran pandangan dunia tentang Islam.
    Benar-benar kisah yang luar biasa, di akhir cerita aku mewek sesenggukan mulai dari fakta tentang Sofia alias Linor dan kematiannya yang buat aku agak dongkol kenapa harus matiiii…

  34. Eni Anggraeni

    Masyaallah Novel pertama yang aku baca karya Kang Abik.

    Jatuh hati sama Muhammad Ayyas, seorang pemuda memegang teguh agama islam di negeri orang lain yang notabene bukan beragama islam.

    Ga bosen baca berulangkali banyak pelajaran, wawasan serta rasa syukur yang terus menerus terucap.

    Buka Buku Buka dunia

  35. Eni Anggraeni

    MasyaAllah Novel pertama yang aku baca karya Kang Abik.

    Jatuh hati dengan Muhammad Ayyas, pemuda indonesia yang memegang teguh agama islam di negeri orang lain.
    Wawasan dan pengetahuan yang aku ambil dari buku ini Masyaallah bermanfaat sekali.
    Tak henti mengucap rasa syukur karena banyak juga pelajaran yang menyentuh hati.
    Buka Buku Buka dunia ๐Ÿ˜‰

  36. Andriansya

    Sudah lama saya melihat judul ini di toko buku. Namun saya urung membelinya. Bukan apa-apa, kapan waktu buat bacanya?? Tapi saat saya melihat dan mengevaluasi rencanan tahunan saya. Masih kurang 2 buku yang harus dibaca diluar spesialisasi saya. Teringat buku ini, saya cari link downloadnya, terus dapat deh. Masiih aja cari gratisan :p

    Novel berkisah tentang perjalanan 2 bulan pertama Ayyas, seorang mahasiswa S2 yang pergi ke Moskow untuk tesisnya tentang kondisi Islam pada masa lenin. Tokoh-tokoh utamanya adalah: Devid, teman SMP-nya ; Yelena, pelacur separtemen dengannya; Linor, agen Mossad yang juga seapartemen; Anastasia palazzo, dosen pembimbing yang cantik ; Hasan Sadulayev, Imam Masjid Mira; dan Pak Joko Santoso, mantan rektor itb staff KBRI Moskow.

    Hmm.. membaca cerita kang abik, saya jadi ingat novel2 sebelumnya; seorang lelaki yang menjaga diri, dikelilingi wanita cantik, dan di akhir, semua yang jelek menjadi baik ๐Ÿ™‚ seperti biasa, karya kang abik ini cowok yang dikelilingi wanita cantik hehe.. apakah ini adalah ekspresi tidak sadar penulis seorang lelaki? ๐Ÿ˜€

    Entah mengapa saat membaca buku ini, saya mendapat suasana/feel yang beda dengan kisah AAC dan KCB. Saya tidak yakin penulis pernah tinggal di moskow cukup lama. Ketika membaca AAC/KCB, gambaran mesir sungguh nyata. Panasnya, pasarnya, kendaraannya, orang-orangnya, sehingga penggambaran kang Abik begitu akurat tentang tokoh-tokoh disana. Sederhana, penulis pernah bertahun2 tinggal disana ๐Ÿ™‚

    Di Novel ini penulis bahas sesuatu yang beda dengan buku2 sebelumnya. Bahas tinggal di negara barak, tentang pelacuran, konspirasi, sejarah Islam di moskow. Terus terang, pembahasan macam ini perlu studi panjang untuk mendapatkan tulisan yang “akurat” dan enak dibaca.

  37. Siti Kholilah ‘uluwiyyah

    Satu ungkapan untuk novel ini “How exciting this one!”
    Novel ini mampu menyadarkanku,betapa Islam itu agung,indah,lembut,dan benar.
    Sampai-sampai kebenarannya bisa dikatakan empiris,bisa diuji..
    Novel ini menceritakan bagaimana mempertahankan keyakinan (aqidah Islam) tepat dititik epicentrum godaan dunia hari ini,yg semakin molek,seksi nan montok dan juga kelakuan bejat yg dianggap sudah lumrah.
    Semua perlakonan dijelmakan dalam sosok M.Ayyas,seorang santri sederhana, dan juga sosok muslim rasional yg Hanif,luwes dan berbudi,yg terbang menuju Rusia untuk melakukan penelitian tentang sejarah kehidupan Islam di masa Stalin.Ia harus berjuang mempertahankan imannya ditengah jutaan ummat nonmuslim Rusia yg terkenal bebas.Ia mampu menampilkan nilai-nilai Islam yg luhur,apik,humanis,dan mampu membumi dalam perbuatan sehari-hari.
    Yg unik dari novel ini,selain menikmati fiksi secara tidak sadar pembaca sekaligus akan mengetahui sejarah penting ummat manusia,pembaca akan diantar untuk memahami Islam secara rasional.Ini cocok sekali untuk orang-orang seperti aku,yg ingin ada pengetahuannya,padahal lagi main fiksi.
    Alur ceritanyapun tak bisa ditebak,sangat tak terduga.Apalagi tentang kisah cintanya.
    Luckily,read this novel..
    Membekas ke sehari-hari,,

  38. Andriansya

    Bumi Cinta merupakan salah satu novel yang lagi-lagi mengangkat kehidupan seorang mahasiswa Indonesia di negeri rantau. Kang Abik sebagai penulis berhasil menciptakan sebuah ritme yang apik dan tiap trek yang terlewati memiliki pesan tersirat.

    Berlatar Kota Moskwa, Kang Abik menceritakan Kisah Ayyas yang mempertahankan imannya sebagai pemuda muslim di tengah kehidupan Moskwa, Rusia. Muhammad Ayyas seorang pemuda pandai, cerdas, dan merupakan seorang mahasiswa tingkat akhir program S-2 yang tengah merampungkan TESISnya di salah satu universitas di India bidang sejarah. Guna menyelesaikan studi tersebut, oleh pembimbingnya, ia diberi petunjuk untuk menggali sejarah peradaban islam di Moskow, Rusia. Sebenarnya untuk membuat penelitian tersebut, Ayyas tidak perlu bersusah payah datang tetapi petuah professor pembimbing meyakinkan bahwa dia memang harus ke sana.

    Ayyas kemudian tidak hanya sekadar pergi menuntut ilmu di negeri dengan penganut paham seks bebas juga pornografi tersebut dengan dasar menyelesaikan tesis. Namun, Ayyas mengajarkan dimanapun kita berpijak jangan pernah melupakan satu Yang Esa. Hidup di Rusia adalah sebuah pilihan termasuk hidup satu apartemen dengan dua orang wanita cantik yang tentunya dapat menggugurkan iman. Bukan dua, tetapi bahkan lebih, termasuk asisten profesor pembimbing yang tidak kalah cerdas nan jelita. Ujian begitu berat.

    Selain godaan karena wanita, pertahanan keimanan Ayyas pun diuji. Agen-agen Yahudi berusaha membuat rencana-rencana jahat untuk menjatuhkan pemuda Islam seperti Ayyas. Mulai dari meletakkan tas ransel yang telah diisi bahan peledak ke dalam kamar Ayyas kemudian menghubungi kepolisian Rusia agar menggerebek kamar Ayyas hingga menjebak Ayyas sebagai pelaku pembunuhan seorang warga Rusia.

    Dalang dibalik aksi tersebut adalah Ben Solomon yang dibantu oleh anak buahnya bernama Linor. Linor yang merupakan seorang aktivis yahudibegitu amat tidak mencintai islamislam baginya adalah bumerang bagi kaumnya. Dalam paham Yahudi, ditanamkan bahwa Muslim adalah teroris. Melalui tangan Linor, banyak nyawa yang terenggut, banyak tulisan anti islam bertebaran. Termasuk seorang lelaki Indonesia bernama Ayyas. Lelaki itu harus lenyap, setidaknya ia akan mati ditertawakan dan Islam dicap sebagai agama teroris.

    Wanita cantik berdarah dingin yang pandai bermain biola tersebut adalah anak tak bersalah yang tidak tahu apa-apa tentang hidupnya. Sampai kemudian, Madame Ekaterina yang tak lain adalah ibunya menceritakan hal tersebut. Linor berubah. Ia mulai mengkaji Islam untuk mencari petunjuk hidup (termasuk mencari Yusuf seperti yang termaktub dalam Quran).

    Selain Ayyas dan Linor, penggambaran tokoh Yelena, seorang gadis atheis radikal sangat apik. Mengutip sebuah percakapan dalam novel ini: โ€œSiapakah yang kau sebut saat kau hampir mati karena kedinginan?โ€ tanya Ayyas. Yelena terdiam. Pertanyaan yang sama terus berulang hingga akhirnya dengan terbata Yelena menjawab, โ€œTuhan.โ€

  39. Azizah

    Novel yang penuh dengan pembelajaran tentang toleransi, ilmu pengetahuan, dan juga keagamaan sangat menarik sehingga membawa pembacanya larut dalam cerita apalagi diendingnya bisa bikin pembaca penuh isak tangis. Jujur kalau pun baca berulang kali tetap aja bikin terbawa perasaan. Kisah ayass dan yelena. Jadi saya tidak bosan untuk membacanya berkali kali. Terimakasih buku Republika;๐Ÿ˜

  40. Uswatun Hasanah

    Novel yang benar-benar menggugah jiwa seseorang. Menggetarkan hati pembacanya. Terdapat banyak nilai-nilai kehidupan dan hikmah di dalamnya. Novel karya Habiburrahman El shirazy yang berjudul bumi cinta ini berlatar di Moskwa. Dimana terdapat banyak keindahan kota dan alam di dalamnya. Novel ini menceritakan kisah seorang pemuda bernama Ayyas yang sedang merampungkan data penelitiannya di Moskwa. Namun, perjalanannya tak hanya merampungkan data penelitian saja. Terdapat banyak pelajaran yang dapat ia ambil dari kehidupan kota tersebut. Banyak pula rintangan dan godaan keimanan baginya. Namun ia tetap kokoh dan Istiqomah dalam keimanannya. Sosok Ayyas telah memberikan teladan kepada kita bahwa seorang muslim hendaknya saling tolong menolong terhadap sesama meski berbeda keyakinan. Tetap berbaik hati meski telah disakiti. Novel ini sangat recommended untuk siapa pun karena terdapat nilai kehidupan yang begitu mahal dan mengguncang jiwa siapa pun yang membacanya.

  41. kurniarizqianingrum12

    Novel Bumi Cinta karya Habiburrahman el Shizary ini sangat menarik untuk dibaca. Kisahnya sangat unik dan sulit ditebak. Setiap katanya benar benar membuat saya larut dalam ceritanya. Terlebih tentang pelajaran dan pemahaan yang dapat diambil dari kisah ini, merupakan hal yang paling menarik bagi saya. Hal ini amat jelas dalam penggambaran tokoh Ayyas, seorang muslim yang selalu taat kepada Allah dan semua yang dilakukan hanya berdasar ketentuan Allah. Tokoh Ayyas juga seorang tokoh yang selalu menjaga agamanya, menjaga nafsunya, dan menyadarkan orang lain akan jalan kebenaran. Hal itu yang menurut saya sangat patut untuk kita teladani, terutama kita sebagai umat islam.

    Selain dari pemahaman dan pelajaran cerita tersebut, ada lagi bagian yang paling menarik hati saya. Kisah ketika Linor berusaha menggoda Ayyas. Namun, Ayyas terus mengingat Allah dan menguatkan iman untuk melawan hawa nafsu. Cerita ini, mengingatkan saya akan kisah Nabi Yusuf yang terus mengingat Allah dan menahan hawa nafsu ketika digoda oleh Zulaikha. MasyaAllah.

  42. Fadhilah Larasati

    Sebuah novel sejarah pembangunan jiwa yang sangat luar biasa untuk dibaca. Mengisahkan seorang mahasiswa Indonesia lulusan Madinah, Muhammad Ayyas yang sedang merampungkan penelitiannya di Moskwa, Rusia.
    Dalam novel ini juga diselingi sejarah Moskwa dan Rusia, juga tentang ideologi. Sehingga pembaca mendapatkan teladan sekaligus wawasan.
    Sosok Ayyas sangat patut diteladani, khususnya oleh para remaja di tanah air. Bagaimana semangatnya menuntut ilmu, berwawasan luas, dan yang paling luar biasa adalah keteguhannya mempertahankan iman meski ribuan ujian menghadang. Ayyas juga merupakan sosok yang mampu menahan nafsu, selalu mengingat Allah, dan senantiasa mengingatkan orang lain pada jalan yang benar.
    Sungguh, teladan yang tepat untuk para remaja di era global ini.
    Setiap selesai membaca novel karya Kang Abik ini saya merasa mendapatkan hikmah. Seperti sebuah motivasi dan angin segar yang mengantar untuk senantiasa melakukan kebaikan.
    Terima Kasih dan sukses terus untuk penulis dan penerbit Republika yang mampu menghadirkan karya-karya yang luar biasa!

Add a review

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *