BIDADARI BERMATA BENING

Obral!
()

Rp72,000.00 Rp57,600.00


Back Cover

“Novel ini mendeskripsikan dunia pesantren dan orang-orang pesantren dengan apik. Khazanah dan nilai-nilai adiluhung pesantren pun disampaikan dalam bahasa sastra yang indah.”
—Prof. Dr. Masykuri Abdillah, MA., Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

LIHAT VERSI E-BOOK

Kota Asal Pengiriman : Kota Jakarta Selatan

Description

“Novel ini mendeskripsikan dunia pesantren dan orang-orang pesantren dengan apik. Khazanah dan nilai-nilai adiluhung pesantren pun disampaikan dalam bahasa sastra yang indah. Lebih dari itu, novel ini memotivasi para santri dan generasi muda pada umunya untuk meraih kesuksesan dengan bekerja keras, ulet, rendah hati, dan menebar kebaikan secara universal. Saya merekomendasikan novel ini dibaca semuan anak muda!”
—Prof. Dr. Masykuri Abdillah, MA., Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jebolan Pesantren Futuhiyyah Demak, dan Tebuireng Jombang

“Jalinan cerita sangat memikat. Tentang kesetiaan cinta dan kesungguhan meraih cita-cita. Sarat muatan lokal. Saya sangat menyukainya. Ini novel motivasi. High recommended
—Ummu Mada, M.Psi, Pemerhati Psikologi Remaja, Jebolan Universitas Muhammadiyah Surakarta

“Hadir di saat yang tepat. Kritik sosial yang tajam disampaikan dengan bahasa cinta yang dalam. Ini contoh bahan literasi membangun peradaban mulia. Novel Bidadari bermata bening ini, terasa begitu menyentuh dan lezat dibaca dari awal sampai akhir.”
—Ahmad Mujib, MA., Dosen Sejarah Peradaban Islam, Unissula Semarang

Book Details

Weight 500 g
Dimensions 13.5 × 20.5 cm
Halaman

72000

Tahun Terbit

2017

Author

Habiburrahman El-Shirazy

Publisher

Republika Penerbit

Reviews

39 reviews for BIDADARI BERMATA BENING

  1. Vanda Deosar

    Ini novel romantis banget, aku suka perjalanan hidup dan kisah cintanya. Keren, menginspirasi, anak pesantren yang pintar, lalu biarpun hidup di keluarga yang “tidak menerimanya”, sampai-sampai mau “dijual” untuk dinikahkan dengan orang tua. Pokoknya dari awal sampai akhir, mengajarkan banget untuk jadi wanita yang gak cuma cerdas, tetapi berakhlak mulia ❤️

  2. Laila Nurlatifah

    Suka banget sama novel ini. Cerita anak santri banget 😆
    Pokonya rekomended bangeettttt.

  3. Mumayizatun

    Selalu jatuh cinta dengan novel-novelnya Kang Abik. Aku baca novel ini maraton dari jam 10 pagi sampai jam 4 sore. Hanya jeda waktu sholat. Dan itu tamat. Kata-kata dalam novel ini begitu lezat hingga enggan berhenti jika belum tamat. Penggambaran kehidupan di pesantren yang penuh dengan rasa tadzim dan rasa ingin memperoleh barokah kyai, bagaimana letihnya menjadi santri nDalem yang harus serba bisa, membuat air mata jatuh dengan sendirinya

  4. listyfaujiah

    Bidadari Bermata Bening… Bagiku Novel ini recommended sekali untuk dibaca. Novel yang berhasil bikin aku senyum-senyum sendiri, degdegan sendiri, sekaligus haru saat mengarungi kisah Ayla. Baper pokoknya 😊
    Dan Entah mengapa semenjak baca-baca karyanya Kang Abik, rasanya jadi pengen menimba ilmu di pesantren. Masya Allah… 😊

  5. ratumadaniyyah

    Buku karangan novelis terbaik Indonesia ini sangat menarik. Menceritakan kisah santriwati yang cantik, sabar, lagi cerdas. Kehidupan Ayna tak luput dari ujian dan cobaan. Mulai dari ejekan semasa di pesantren, hingga pernikahan yang tidak diinginkannya.

    Romansa Islami tetap menonjol dalam buku ini. Dimana Ayna dan Gus Afif saling mencintai dalam diam. Tibalah datang hari itu, Allah menyatukan Ayna dan Gus Afif setelah berpisah sekian lama.

  6. arifien9620

    Subhanallah, Luar biasa. Buku yang sangat menginspirasi untuk menajdi lebih baik. Ingin rasanya menjadi aktor di buku ini. Ingin rasanya punya pasangan sehebat Aina😊😊. Yang paling luar biasa kang Abik. Keren tulisnya banyak menginspirasi orang2.

  7. guti.amedapazah

    Bagi yang suka romance buku ini sangat cocok untuk dibaca, kisah yang dahsyat dan menggetarkan, perjalanan hidup dan cinta yang luar biasa dan banyak hikmah yang dapat diambil dari kisah ini, sangat recomended 👍

  8. Nabiilah

    Bismillahi walhamdulillah
    Buku novel ini best banget, saya paling suka sama novel yg genrenya romansa islami kayak begini. Buku terbitan republika satu ini, karyanya ustadz habiburrahman el shirazy (kang abik) bener-bener nge-feel ceritanya ndak mbosini, malah bikin penasaran, kisah dunia pesantren yang mengunggah bahwa santri itu juga punya kisah kisah unik yang berhasil digambarkan lewat novel ini.

    #republika
    #Kangabik
    #Habiburraanelshirazy

  9. Indah Fatma

    Novel yang sangat di rindukan, meski baca novel ini sesering apapun rasanya enggak akan bosan. Ketika baca novel ini selalu nangis, apalagi ketika awal bacanya nangis gak bisa berhenti. Suka banget sama Aina, dia gadis yang kuat, tegar dan selalu menghormati yang lebih tua. Meski dia selalu di perlakukan tidak adil oleh pamannya, dia selalu tegar. Novel ini juga menceritakan lika- liku kisah cinta antara Aina dan Gus Afif, kisah cinta yang penuh dengan perjuangan dan akhirnya kisah cinta mereka di satukan dengan sebuah ikatan halal.

  10. Kholifahsukma

    Suka banget sama bukunya, ini tuh novel pertama yang aku baca sampai nangis. Alurnya ga ketebak. Banyak sekali hikmah yang dapat dipetik dari novel ini. Sukaa bangedd❤
    It’s recommended ❤

  11. RIZKI KARTIKA SARI

    Bismillah ,

    Bidadari Bermata Bening ,, seperti novel2 Kang Abik sebelumnya pastilah romantis dan sarat dengan nilai2 ke Islaman yg ada .
    Membaca novel ini terasa begitu menyentuh dan haru .Pesan moral dan spiritualitas yg disampaikan oleh penulis dapat diterapkan dalam kehidupan nyata .

    Intinya dalam novel ini disampaikan Allah SWT selalu membantu umatnya melalui doa2 ,, kesabaran ,, ikhtiar , dan tawakal
    MashaAllah ,,betul2 buku yg dapat menjadi nutrisi jiwa

    very recommended

  12. Ghaitsa

    Temen² di sekolah membaca ini hampir nangis, saking mengharukan kisahnya… Jadi pingiiin membaca juga, recommended banget deh. Ga sabar mbaca jugaak…

  13. Arinda Nur Fildzah

    Buku ini menginspirasi banget,,cerita nya nyatuuu banget,,sempet haru baca buku ini,,,serasa ikut berperan di dalam ceritanya,,kisah romantis dalam islam yang diukir sangat menyentuh subhanallah selalu suka dengan novel karya kang abik ini,,good job kang:))

  14. Mhd Ikhsan Ritonga

    Novel Bidadari Bermata Bening
    Perjuangan dari Ayna sangat luar biasa. Memukau, bukan hanya perjuangan tentang cinta, tapi perjuangan tentang pendidikan juga ditekankan di novel ini. Dari ibunya meninggal, sampai di nikah paksa oleh pamannya kepada konglomerat. Namun semua ia jalani dengan Lillahi Taala. Sampai ia bertemu dengan lelaki yang menjadi imamnya.

    Novel ini romantis, religius, dan penggambaran tempat oleh penulis sangat tepat. Jelas dan padat.

    Penggambaran tokoj Ayna yang begitu penyabar dan agamais sangat terlihat di setiap dialog yang digunakan penulis.

    Entah kenapa? Setiap saya meresensi novel-novel terbitan Republika selalu diterima oleh beberapa media massa, hal ini menandakan karya ini memang patut di apresiasi. Ditambah republika dengan nilai-nilai islam yang ditanamkan disetiap buku yang terbitkan. Subahallah.

  15. aidaputriindonesia21

    Berlatar sekolah dan pesantren. Mudah larut dalam ceritanya karena kebetulan pembaca juga pernah mondok. Setidaknya tahu persis bagaimana kehidupan di pesantren.
    Cerita ini membuatku berhasil menangis. Sederhana namun romantis. Ada kisah cinta yg tragis tapi berakhir manis. Takdir yang menimpa tokoh benar-benar terasa nyata😭 ini bagus banget…. terlebih tokoh perempuan yg cerdas tapi harus menerima takdir yg teramat sulit dan pedih. Bukan kisah cinta biasa, lagi2 pengetahuan tentang agama ada di dalamnya. Mengajari arti bersyukur, taat, berjuang, sabar, tawakkal.

  16. Mirnawati

    بسم الله الرحمن الرحيم
    Dari pertama membaca judul bukunya saja sudah terpesona dan ingin segera membuka halaman demi halaman isi buku…
    Menurutku, novel ini adalah novel yang sangat rekomended, bahkan sudah baca sekali saja, masih ingin membacanya lagi dan lagi 😁
    Kang Abik memang selalu pandai menuangkan ide ke dalam bentuk cerita. Menjadi salah satu penulis spiritual yang kukagumi 😇
    Respon positif itu juga diberikan oleh teman-teman saya setelah membaca bukunya…
    Kata mereka ‘kisah yang menakjubkan, patut ditiru…’
    Sosok Ayna dalam cerita telah banyak mengajarkan saya nilai-nilai penting. Di antaranya tentang berbakti. Berbakti disini bukan hanya kepada orangtua kandung saja yang notabene telah melahirkan kita, namun kepada paman,bibi,dan saudara yang lainnya juga kita harus hormat dan bakti…
    Adab terhadap guru. Ayna sangat menghormati gurunya seperti ia menghormati orangtuanya…
    Ini terlihat dalam suatu keadaan ketika Gus Afif menyatakan keinginan untuk menikah dengan Ayna… namun saat itu ibunya Gus Afif (Gurunya Ayna di Pesantren) belum merestui, sehingga Ayna menolak, padahal dirinya juga telah menyukai Gus Afif.
    Ayna juga perempuan yang mandiri, mau belajar, cerdas…
    Selain itu kesetiaan dan kesucian cinta yang dimiliki oleh Ayna terhadap Gus Afif mampu membuat saya meneteskan air mata…
    Akhirnya perjuangan hidup yang penuh lika-liku itu berbuah manis…
    Sebab dijalani dengan kesabaran,pantang menyerah, dan jalan ketaatan…
    ❤❤❤

  17. Aina

    22 april 2020

    بسم الله الرحمن الرحيم
    Dari pertama membaca judul bukunya saja sudah terpesona apalagi membaca sinopsis nya masyaallah banget bukunya, apalagi nama tokoh perempuan nya sedikit mirip dengan nama saya AINA, membuat saya semakin penasaran dengan isinya, dan saya hanya membaca sinopsis nya saya yakin novel ini banyak banget memberikan pelajaran, saya melihat novel ini tidak seperti novel pada umumnya, karena saya membaca sinopsis nya saja sudah mendapatkan ilmu, bagaimana adab terhadap guru, orang tua, 😊 sebebarnya udah lama pengen banget novel ini dari tahun 2019 pertama kali liat sponsor di instagram, langsung jatuh cinta sama novel ini, dan langsung follow akun @bukurepublika.id 😊 “pantang beli buku pakai uang orang tua”, itulah prinsip saya, setiap mau beli buku ini ada aja hambatan nya, mudah mudahan dengan saya mengikuti ini bisa memiliki salah satu buku dari beliau habiburrahman el shirazy 🙏😊

  18. Nur aina

    April 22 2020
    بسم الله الرحمن الرحيم
    Dari pertama membaca judul bukunya saja sudah terpesona dan ingin segera membuka halaman demi halaman….
    apalagi nama tokoh yg di peran kan sama dengan nama saya aina membuat saya semakin penasaran 😍 udah lama banget pengen buku ini dari tahun 2019, setiap mau beli buku ini ada aja hambatan nya 😁 “Pantang beli buku pakai uang orang tua” itu prinsip saya, maka nya sampe sekarang belum kebeli juga buku ini 😭 hanya melihat sinopsis nya saja membuat saya semakin penasaran, saya rasa novel ini berbeda dengan novel pada umumnya, novel ini pasti banyak mengajarkan segala hal, menambah pengetahuan, memberikan pengajaran tentang sebuah adab terhadap guru, orang tua, dan berbakti, apalagi novel ini menceritakan tentang pesantren, pas banget saya seorang santri, tak bisa menuliskan panjang lebar karna saya tidak pandai merangkai banyak kalimat 😁inilah ulasan saya keinginan saya yang apadanya yang ingin memiliki buku ini, mudah mudahan rezeki saya, bisa memiliki salah satu novel dari beliau habiburrahman el shirazy, aamiin ❤❤❤ semoga berkah min @bukurepublika.id

  19. Nur aina

    April 22 2020

    Nur aina
    بسم الله الرحمن الرحيم
    Dari pertama membaca judul bukunya saja sudah terpesona dan ingin segera membuka halaman demi halaman….
    apalagi nama tokoh yg di peran kan sama dengan nama saya aina membuat saya semakin penasaran 😍 udah lama banget pengen buku ini dari tahun 2019, setiap mau beli buku ini ada aja hambatan nya 😁 “Pantang beli buku pakai uang orang tua” itu prinsip saya, maka nya sampe sekarang belum kebeli juga buku ini 😭 hanya melihat sinopsis nya saja membuat saya semakin penasaran, saya rasa novel ini berbeda dengan novel pada umumnya, novel ini pasti banyak mengajarkan segala hal, menambah pengetahuan, memberikan pengajaran tentang sebuah adab terhadap guru, orang tua, dan berbakti, apalagi novel ini menceritakan tentang pesantren, pas banget saya seorang santri, tak bisa menuliskan panjang lebar karna saya tidak pandai merangkai banyak kalimat 😁inilah ulasan saya keinginan saya yang apadanya yang ingin memiliki buku ini, mudah mudahan rezeki saya, bisa memiliki salah satu novel dari beliau habiburrahman el shirazy, aamiin ❤❤❤ semoga berkah min @bukurepublika.id

  20. Yuli Arie Fujiantie

    Buku yang satu iniii… paling detail, rekomended menurut aku dari segi cerita.. Walaupun perjalanan rumit, bercerita tentang anak pesantren dan masa depannya, ending yang sangat tak tertebak karena alur kehidupan yang dilalui tidak semudah di jalani.

    Buku ini ada hikmah yang di ambil tentang bagaimana menyukuri hidup walau terkadang apa yang kita mau sejalan dengan kenyataan.

    Semua novel kang abik bagus2, Masya Alloh.. baca buku2nya terkadang menguras air mata senang, kesedihan 😊
    Dan penerbit buku republika pastinya slalu menyediakan judul2 yang menarik 😊

  21. Yunita Viva Firdaus

    Novel ini adalah salah satu novel favorit diantara novel-novel dari kang Abik meskipun saya suka dengan semua novel beliau, novel ini sukses hingga membuat air mata menetes ❤ alur yang di kemas cukup apik, berisi perjuangan hidup dan perjuangan cinta, di sisi lainnya novel ini bukan hanya berisi cerita biasa namun juga mengandung sesuatu yang ingin di sampaikan oleh pembuatnya.

  22. Rosita Wahyu

    Novel pembangun jiwa yang begitu inspiratif. Bagaimana tidak? Kang Abik membawakan cerita tentang dunia pesantren dengan detail sampai ke tangan pembaca melalui novel ini. Jadi, bagi yang penasaran tentang dunia pesantren yg sebenarnya maka “wajib” baca novel ini.
    Novel ini sangat bagus untuk dibaca semua kalangan, terutama anak-anak muda baik yang santri maupun non santri. Cerita perjuangan dari tokoh utama novel ini mampu menginspirasi generasi muda tentang bagaimana cara untuk meraih kesuksesan dengan kerja keras, sabar, tekun dan rendah hati. Selain itu ada kisah romantis yang dipaparkan dengan alur yang indah.
    Siap- siap terkesan dengan novel ini!

  23. Rosita Wahyu

    Novel pembangun jiwa yang begitu menginspirasi. Bagaimana tidak? Kang Abik membawakan cerita tentang dunia pesantren dengan detail sampai ke tangan pembaca melalui novel ini. Jadi, bagi yang penasaran tentang dunia pesantren yg sebenarnya maka “wajib” baca novel ini.
    Novel ini sangat bagus untuk dibaca semua kalangan, terutama anak-anak muda baik yang santri maupun non santri. Cerita perjuangan dari tokoh utama novel ini mampu menginspirasi generasi muda tentang bagaimana cara untuk meraih kesuksesan dengan kerja keras, sabar, tekun dan rendah hati. Selain itu ada kisah romantis yang dipaparkan dengan alur yang indah.
    Siap- siap terkesan dengan novel ini!

  24. Irma Isnafia Arif

    Cerita yang sangat menginspirasi dan sarat akan makna. Berlatar tempat pondok pesantren sebagai tempat tholabul ‘ilmu serta indahnya kehidupan santri santri pondok pesantren. menceritakan kecintaan gus Afif dan Aina kepada Sang Pencipta, ketawadhu’andan adab seorang santri dengan kyai nya, akhlak mulia dari kedua tokoh tersebut Serta ikhtiarnya untuk menggapai cita citanya. Dalam novel ini mengajarkan bahwa semua proses tidak akan pernah menghianati hasil. membaca berapa kalipun cerita ini tidak akan pernah bosan dan air mata tak dapat lagi ditahan dengan kemuliaan akhlak dari gus Afif dan Aina 😢
    Bidadari Bermata Bening terdebesttt and luvv❤

  25. Abidah almumtazah

    بسم الله الرحمن الرحيم
    Memang judul itu selalu mempengaruhi jiwa sang peminatnya..
    Nafsupun ikut berpartisipasi untuk segera menikmati setiap torehan tintanya .. semoga Allah mudahkan

  26. Addis Zaky A

    Sebuah kisah cinta uang menggetarkan, Kang Abik selalu bisa merajut kata demi kata dengan begitu romantis, kisah cinta 2 insan yang membuat kita terinspirasi, yang membuat kita ikut merasakan apa yang tokoh2 itu rasakan, kesedihan, kepedihan dan pula kebahagiaan, seolah-olah kita sendiri lah yang merasakannya…

  27. Jihan Latifah

    Bismillahirrahmanirrahim
    Romansa indah menelisik hingga ke sukma…Rajutan penuh makna tentang Cinta dua orang insan ….
    Novel yang sangat indah dan penuh inspirasi hingga tak sadar menitihkan bulir-bulir air mata…Sangat kaya akan getir pembelajaran hidup dan roda kehidupan…

  28. Siti Aidah

    Buku Bidadari Bermata Bening merupakan kisah cinta seorang anak pesantren (Ayna) dan anak pimpinan pesantren (Gus Afif) yang dikemas penuh haru-biru dan lika-liku.Tentunya sangat cocok buat pecinta buku romance islamic yang mendidik tapi tidak terkesan menggurui. Kehidupan pesantren dan budaya lokal Jawa sangat kental di buku ini, beberapa sangat bagus untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari, misalnya memperbanyak salawat agar kita lebih menebar cinta kepada sang Pencipta dan sesama. Dan yang paling berkesan, pembaca seolah merasakan hausnya tenggorokan Gus Afif saat tertawan rindu. Juga merasakan beratnya Ayna saat dihadapkan banyak pilihan, terutama untuk menjaga cinta dan harga dirinya tetap kukuh di hadapan suami sahnya yang jauh dari ajaran agama. Menurut pembaca kekurangan dari buku ini, ada beberapa narasi yang membuat gagal fokus, sehingga harus beberapakali membacanya. Misalnya saat Ayna berusaha untuk kabur dari mantan suaminya sampai-sampai dia meninggalkan kendaraannya di tempat penitila, terus saat ada seorang laki-laki yang bermasker ikut bergabung menjual produk Ayna, roti berkah. Berasa ada kesan yang diulang-ulang.

    Terima kasih, hanya itu ulasan dari saya.

  29. Dini Khoerunnisa

    Buku ini selesai saya baca saat awal kuliah. Saya mendapatkan buku ini gratis dari Republika setelah berhasil mereview buku Tentang Kamu yang dimuat di Koran Pikiran Rakyat. Begitu mendapat kabar dapat novel gratis, saya langsung memilih novel Bidadari Bermata Bening. Novel ini adalah salah satu novel yang ada dalam wishlist saya. Novel Kang Abik selalu membuat saya jatuh cinta sejak membaca kalimat pertamanya. Begitu pun dengan novel ini.
    Mengikuti perjalanan Ayna Mardeeya, kembali mengingatkan saya akan kegiatan dulu semasa menjadi santri kalong. Rasanya ingin kembali ke masa itu. Dari kisah Ayna ini kita bisa belajar banyak hal. Persahabatan, keluarga, dan cinta. Novel Kang Abik memang selalu paket komplet hihi. Karenanya, saya menghabiskan novel ini dalam satu hari saja. Terima kasih Ayna, sudah mengajarkan banyak hal kepada saya.

  30. Nisa Wulan

    Bismillah,
    Critanyaaa saya bukanlah penggemar novel sejati. Tp keadaan yg mendorongku untuk gemar mmbaca. Pndok,adalah slh satu alasannya😅 Hiburan anak pondok itu banyaak novel untuk menghilangkn kestressan😂 Dan Bidadari Bermata Bening adalah novel pertama yg saya baca, yg bgitu menggetarkan hati saya bahkan smpek nglembur malem2 demi mengkhatamkan novel baperr iniih. Basah sudah pipi dan bantalku. Dan akhirnya,ketika mentari menyapa ketika itu pun publik brtanya2 knpa mata tembam bgtu? Hehe, abis baca novelnya penulis trkenal yg begitu mmbuatku benar2 melihat sendiri kejadian trsebut. Wow! Sebuah novel pertama yg telah mengambil hati saya untuk selalu membaca novel karya kang Abik. Walaupun semua tuh pinjem😅 Dtunggu karya2 selanjutny, semoga sukses trus hingga dunia pun mengenal penulis kebanggaan Indonesia ini🤗 Trimaksih

  31. Nisa Wulan Rahma Anjani

    Bismillah,
    Saya bukanlah penggemar novel sejati. Tp keadaan yang mendorongku untuk gemar membaca. Sebagai seorang santriwati pndok, novel adalah salah satu objek trbaik untuk kita menghibur diri dan pastinya mencari beberapa motivasi apa arti kehidupan yg sebenarnya, perjuangan dan tekad bahkan dlm bercinta pun. Dan semua ini saya dapatkan dlm novel trbaik, novel pertama, yg sudah menggetarkan hati saya hingga nglembur smpek malem2 hampir aja nggk tdur demi mengkhatamkan novel yg bikin baperr iniih. Basah sudah pipi dan bantal saya. Ketika mentari menyapa dan publik pun mulai bertanya2, knpa mata tembam bgitu? Hehe, biasa. Novel dri penulis terkenal, kang abik telah benar2 mmbuat saya tergila2. Wow! It’s the best novel everrrr!!!❤️❤️ Smoga sukses trus hingga dunia pun mengenal.. aamiin. Trimakasih. Dtunggu karya lainnyaaa🤗

  32. Eni Anggraeni

    Ga pernah bosen baca buku karangan Kang Abik.
    Bukunya memotivasi banget dengan kerja keras, ulet, rendah hati, penuh dengan keyakinan kesuksesan pasti akan diraih.~Ayna

    Seperti main rollercoaster, kisah cinta yang menginspirasi bukan mengandalkan syahwat hanya mengandalkan doa, keyakinan serta pasrah atas ketentuan Allah swt insyaallah bisa bersama.
    Gus Afif dan Ayna.

  33. Hilda

    Recommended untuk yang suka rommance. Lagi-lagi cerita yang dibungkus Kang Abik dengan begitu apik. Tiba-tiba ikut sesak dipertengahan cerita pas Gus Afif sakit. Terbaik, buat Kang Abik

  34. Mulyaningsih

    Novel Kang Abik memang selalu membangun jiwa. Selesai baca novel-novel beliau seringkali bikin susah move on. Karena ada hikmah di setiap kisah yang disajikan. Salah satunya ini, bidadari bermata bening. Cerita seorang gadis desa yang berkhidmah menjadi khadimah di pondok pesantren sembari menimba ilmu. Suasana pondok pesantren juga begitu terasa di novel ini.
    Dengan membaca novel ini, kita diajarkan akan sebuah arti dari kesabaran serta keikhlasan, bahwa apa yang terjadi pada kehidupan kita ini tidak selamanya sesuai dengan apa yang kita inginkan. Seperti perkataan Bu Nyai kepada Ayna yang beberapa kali diulang dalam novel ini “Kamu yang sabar ya Na, kalau misal nanti kenyataannya tidak seperti yang kau bayangkan. Kamu harus sabar.”
    Novel ini juga membuat kita kembali sadar, bahwa apa yang kita inginkan belum tentu dapat terjadi dan apa yang terjadi adalah apa yang terbaik menurut Allaah, meskipun kita tak menghendakinya.
    Selalu berhusnudzan kepada Allaah.
    Juga secara tersirat cerita ini menyampaikan pesan bahwa Allaah sesuai dengan prasangka hamba-Nya.
    Kisah kehidupan Ayna dan pengembaraan Gus Afif juga mengajarkan betapa hinanya kita sebagai seorang hamba yang tidak memiliki apa-apa di dunia ini.

    Oiya, sayangnya masih ada beberapa typo di beberapa kata di novel ini, semoga bisa menjadi koreksi untuk kenyamanan pembaca dalam menikmati sebuah bacaan😊
    Salam sukses dan jaya untuk penerbit republika✊🏻
    Terima kasih.

  35. Alfa Nur Chafifah

    Sebuah novel yang sangat menarik dan seperti biasa kang Abik mendisainnya penuh daya tarik yang sangat kuat, bagi suka novel romansa” islami ini sangat di sarankan untuk dibaca dengan pelengkap ajaran” Islam sebagai penambah ilmu wawasan tentang islam.
    Seru pokoknya 👍

  36. Hana Rusmalia

    Novel ini sangat apik dan kreatif, berani menggedor pembaca dengan lika liku alur ceritanya yang membuat setiap orang penasaran akan jalannya cerita. Novel ino cocok untuk kita semua karena selain sebagai pembangun jiwa, novel ini juga bisa menemani hari² kita lebih berwarna dengan hikmah yang bisa kita ambil dari setiap babnya.

  37. Siti khotijah

    Novel pembangun jiwa ini berhasil membuat pembacanya ikut hanyut dalam alur cerita,mengajarkan nilai-nilai luhur berdasarkan ajaran islam. Pokoknya novel ini recomended banget.Bacanya bisa sampai meneteskan air mata. Semoga suatu saat bisa baca novel- novel yang lain.

  38. Martinah

    Romansa islami yang tak hilang, bagaimana kecerdasan dan keyakinan dalam menghadapi hidup. Kereen pokoknya daah*

  39. Jihan Latifah

    Kisah cinta yang indah namun penuh perjuangan antara aina dan gus afif dapat mengaduk perasaan pembaca…Plot yang berliku-liku menggambarkan perjalanan hidup tidak akan pernah berjalan mulus…
    Hanya jiwa-jiwa pemenang yang dapat meraihnya…Hingga berakhir dengan indah…Banyak hikmah dan pelajaran yang dapat diambil…
    Menjadi sarat dan bekal kepada setiap pembaca.
    Buku ini saya baca ketika saya berada di asrama sewaktu SMA dan sudah dibaca hampir oleh seluruh penghuni asrama putri…Karena memang sangat direkomendasikan untuk jiwa yang haus akan kisah romansa kasih …Dan siap-siap BAPER dibuatnyaa😊

Add a review

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *