Please wait...
Penulis 169 - Artikel 20 - Buku 261




Aku dan Jalanan Malam itu
Category: Sobat Republika | Author: Amalina Farah Diana | | 15 Feb 2017, 11:07:32



Malam itu saat perjalanan menuju kost dari atas angkot. Aku melihat satu keluarga berjalan cepat sambil sesekali melihat ke atas langit. Malam itu langit mendung tanpa bintang, angin malam cukup kencang bertiup dan jalanan macet. Seorang bapak menarik gerobak yang isinya botol dan gelas-gelas bekas. Di belakangnya seorang ibu-ibu menggedong anak kecil. Sesekali ibu itu melihat ke atas dan semakin erat mendekap anak dalam gendongannya. Kain gendongan semakin dirapatkan untuk menutupi tubuh si anak. Angkot yang ku naiki berjalan pelan karena macet. Tak berapa lama hujan pun mulai turun. Keluarga tadi semakin cepat berjalan. Angkot yang ku naiki sudah semakin cepat melaju karena kemacetan sudah mulai terurai. Aku terus menoleh kebelakang, melalui kaca belakang angkot aku tetap memperhatikan keluarga tadi. Si bapak beberapa kali menoleh kebelakang dan berbicara pada sang istri, entah apa yang mereka bicarakan. Langkah mereka juga semakin dipercepat. Hujan semakin menderas dan tempat berteduh terdekat juga masih lumayan jauh dari jarak mereka. Terakhir aku masih bisa melihat mereka dari kejauhan, si ibu mengambil sesuatu dari dalam gerobak yang digunakan untuk menutupi kepala anaknya. Aku tak dapat melihat jelas karena jarak yang cukup jauh dan kaca angkot yag semakin buram karena hujan.
Masih pantaskah aku mengeluh?. Setiap hari aku bekerja di ruangan yang cukup nyaman. Gaji yang cukup untuk membiayai kebutuhan ku sehari-hari. Tanpa harus susah payah berjemur di bawah terik matahari, hanya untuk mengumpulkan barang-barang bekas. Aku merasa malu, karena rasa syukurku yang kurang. Harusnya aku terima saja apa yang menjadi hak ku setelah berusaha yang terbaik.
Untuk bapak, ibu dan anaknya yang ku lihat malam itu. Semoga kalian baik-baik saja dan anak kalian sehat. Semoga Tuhan selalu melimpahkan rahmat-Nya pada keluarga tersebut. Aamiin.

-Amalina Farah-


COMMENTS
- no comment yet -







Follow our Social Media




Republika Penerbit - Jl. Kavling Polri Blok I No. 65 Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12260